Polri-TNI Usut Asal Granat Asap Meledak di Monas

Labfor Mabes Polri mengumpulkan barang bukti di TKP ledakan di Monas
Sumber :
  • ANTARA FOTO

VIVA – Aparat kepolisian bersama TNI masih mendalami asal granat asap yang membuat dua orang anggota TNI luka di Monas, Jakarta Pusat, Selasa, 3 Desember 2019. Hingga kini, aparat belum memastikan apakah granat asap tersebut buatan pabrik atau rumahan.

Momen Luhut Naik Kendaraan Taktis, Disopiri Danjen Kopassus Dikawal Menantu

Kapendam Jaya Letkol Czi Zulhandrie S Mara mengatakan, granat asap ada yang dibuat di pabrik dan ada yang produksi rumahan. Menurutnya, granat asap layaknya petasan yang selama ini beredar.

"Granat asap itu ada yang standar pabrik yang dibuat dari pabrik, bisa dibuat rumahan juga sama seperti kaya petasan," kata Zulhandrie di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Selasa, 3 Desember 2019.

Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

Ia pun menjelaskan, pemicu keluarnya asap dalam granat asap tersebut adalah ledakan. Namun, granat asap tak memiliki daya ledak yang besar layaknya granat api.

"Jadi ledakan hanya mengeluarkan asap. Tapi karena dia ada ledakan mungkin korban saat olahraga tidak mengerti sehingga luka," katanya.

KSAL Muhammad Ali Kunjungi Industri Pertahanan Strategis China, Ada Apa?

Ia pun meminta masyarakat bersabar dan tenang sambil menunggu hasil penyelidikan gabungan antara Polri dan TNI. "Intinya menyampaikan tidak ada perlu masyarakat khawatir silakan aktivitas dengan normal. Kejadian ini bisa terjadi dimana saja. kalau tidak mengenal barang segera lapor," ujarnya.


 

Plat nomor baru untuk mobil dinas anggota DPR RI. (Foto ilustrasi).

Korlantas Minta Pelat Nomor Dinas Lembaga Tercatat di Database Polri

Pentingnya pendaftaran nomor pelat dan STNK khusus tersebut ke pangkalan data Korlantas.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024