Polisi Tingkatkan Patroli di Monas, Dua Korban Ledakan Masih Dirawat

Anggota Labfor Mabes Polri mengumpulkan barang bukti di TKP ledakan di Monas
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

VIVA – Polisi menyebutkan dua korban ledakan granat asap di kawasan Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, sampai sekarang masih dalam perawatan intensif, di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. 

Sidang Putusan Sengketa Pilprres di MK, Pedagang Tikar hingga Topi Rimba Raup Cuan

Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus menyebutkan, keduanya belum bisa dimintai keterangan oleh penyidik. Penyidik masih terus menunggu keduanya membaik, baru bisa melakukan pemeriksaan. "Penyidik lagi coba untuk bisa mengambil keterangan," katanya di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu, 4 Desember 2019.

Untuk itu, Yusri minta bersabar sampai keduanya sudah diperkenankan dokter untuk diperiksa. Pemeriksaan keduanya perlu dilakukan karena kesaksian keduanya bisa jadi kunci mengungkap bagaimana bisa sampai granat asap itu ada di sana. "Kita menunggu saja bagaimana perkembangan dari penyidik," katanya.

Terpopuler: Prediksi Putusan MK atas Sengketa Pilpres, Iran Samakan Drone Israel dengan Mainan

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan, pihak kepolisian meningkatkan patroli pengawasan di sekitaran Monas usai insiden ledakan granat asap.

"Kan sudah ada di sana dari Polsek Gambir yang melaksanakan kegiatan, dari Polsek Gambir ditingkatkan patrolinya saja," kata Argo di Mako Polairud, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Rabu, 4 Desember 2019.

Rumah di Bangkalan Hancur Usai Petasan Meledak, AKP Heru: Diduga Ada Bahan Mercon Sebanyak 1 Kg

Menurut Argo, Polda Metro Jaya telah melakukan sejumlah langkah khusus. Hal itu demi mengungkap siapa pemilik dari granat asap tersebut. "Ditunggu aja nanti penyidik akan memberikan hasilnya," katanya.

Sebelumnya, ledakan terjadi di area dalam Monas, Jakarta Pusat sekitar pukul 07.00 WIB, Selasa, 3 Desember kemarin. Dua korban ledakan yang merupakan anggota TNI kini dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta.

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono mengatakan, ledakan tersebut bersumber dari granat asap.

"Hasil olah TKP ini diduga granat asap yang meledak. Kita masih dalami. Tapi hasil sementara temuan di TKP ini adalah granat asap," ujar Gatot di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Selasa, 3 Desember 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya