Hari Ini Body Camera Polisi Lalu Lintas Mulai Dioperasikan

Kapolda Metro Jaya (depan) Irjen Gatot Eddy Pramono
Sumber :
  • VIVAnews / Eduward Ambarita

VIVA – Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Gatot Eddy Pramono mengatakan, body camera di baju polisi lalu lintas sudah mulai dioperasikan per hari ini, 5 Desember 2019. Ada 12 personel kepolisian di lapangan yang memakai alat ini.

Bansos Sembako dan PKH Kembali Disalurkan, Pos Indonesia Wanti-wanti Ini

"Bisa mengontrol anggota dan interaksi dengan masyarakat terlihat," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Kamis, 5 Desember 2019.

Body camera dipakai untuk menjadi bukti apabila pengemudi kendaraan melawan saat ditindak di lapangan, padahal sudah jelas melakukan pelanggaran lalu lintas. Body camera juga akan merekam perilaku bandel oknum polantas di jalan raya saat melakukan penindakan. Kamera terhubung dengan NTMC Polri sehingga terpantau langsung.

Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan, AS Sebut Mereka sebagai Sumber Kejahatan

"Kalau masyarakat atau anggota arogan akan terekam. Kalau masih anggota kita yang nakal itu akan hilang dengan sendirinya, sekarang jadi enggak ada tuh damai-damai lagi," katanya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, body camera juga dilengkapi sistem komunikasi dua arah. Petugas di lapangan bisa langsung bicara dengan operator di NTMC Polri guna minta bantuan dan sebaliknya. 

Kinerja Seluruh Sektor Lapangan Usaha Kinclong Kuartal I-2024, BI Kasih Buktinya

Kamera pun punya tombol panik. Tombol digunakan untuk memberi sinyal lokasi dimana bantuan dibutuhkan. "Dalam waktu dekat ditambah 100 unit lagi," kata Gatot. (ren)

AS mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza via udara

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Komando Pusat Amerika Serikat (US CENTCOM), melakukan penerjunan bantuan kemanusiaan gabungan ke Gaza Utara, pada Kamis, 25 April 2024 pukul 12:15 waktu Gaza.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024