Intip Perburuan Puluhan Ular Kobra di Perumahan Citayam

Ular kobra yang ditangkap warga di Perumahan Royal Citayam Residence, Bogor.
Sumber :
  • VIVAnews/ Zahrul Darmawan.

VIVA – Sebanyak 34 ekor anak ular kobra berhasil ditemukan tim gabungan sejak sepekan terakhir, di Perumahan Royal Citayam Residence, Desa Susukan, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Namun, warga masih dihantui rasa was-was lantaran sang induk belum tertangkap.  

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

Pantauan VIVAnews di lokasi kejadian, proses perburuan melibatkan relawan dari komunitas reptil, TNI dan Polri. Pencarian ular jenis kobra Jawa itu dimulai dengan pengasapan atau fogging.

Sejumlah area, mulai dari saluran air, semak-semak hingga pemukiman warga tak luput dari penelusuran petugas gabungan. Bahkan, beberapa kali tim sempat menggali sejumlah lubang yang diduga tempat ular tersebut bersarang, salah satunya di bawah kandang ternak.

Terungkap, Lebih dari 400 Ekor Ular Dikerahkan di Prosesi Syuting Film Badarawuhi

Perburuan ular kobra di perumahan di Citayam, Bogor, Jabar.

Namun hingga Rabu, 11 Desember 2019 malam, proses pencarian induk ular tersebut belum juga membuahkan hasil. 

Ngeri, Terkuak Kerajaan Ular Salah Satu Suku yang Mengandung Banyak Misteri

Terkait peristiwa ini, Rizky Maulana, salah satu relawan dari komunitas reptil Bogor yang ikut terlibat langsung dalam proses perburuan mengimbau, agar warga tidak perlu panik.    

“Jangan khawatir ya, karena ini sudah banyak yang ditemukan jadi kemungkinan adanya lagi kecil. Tapi tetap waspada khususnya anak-anak,” ujarnya.

Perburuan ular kobra di perumahan di Citayam, Bogor, Jabar.

Jika nantinya ada ular yang ditemukan lagi, Rizky menyarankan warga untuk segera berkoordinasi dengan petugas atau pihak terkait. “Kalau ditemukan ular lagi tetap tenang, karena sudah diberikan pemahaman cara menanganinya," katanya.

Rizky menyarankan, agar warga selalu menjaga kebersihan agar ular tidak sampai masuk ke dalam rumah. Salah satu upaya pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan menabur wewangian tapi bukan garam.  “Bersihkan rumah, beri wewangian seperti kamper atau kapur barus untuk mencegah ular masuk. Jadi bukan dengan garam, itu keliru,” katanya.

Hingga Rabu, 11 Desember 2019, sebanyak 34 ekor anak ular kobra Jawa dengan panjang sekira 20-30 cm telah ditemukan di perumahan itu. Meski rata-rata baru berusia satu hingga dua bulan, namun anak-anak kobra ini juga memiliki bisa atau racun yang dapat mematikan. 

Ular kobra masih ditemukan di Perumahan Royal Citayam Residence, Bogor.

Warga perumahan Royal Citayam Residence, Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat mulai geger dengan kehadiran puluhan anak ular Kobra di pemukiman mereka, Minggu, 8 Desember 2019.

Dilansir tvOne, Minggu, 8 Desember 2019, anak-anak ular kobra itu pertama kali ditemukan di tumpukan genting di kawasan sebuah musala di pemukiman itu. Anak-anak ular yang terusik itu lantas keluar dari sarangnya.

Warga khawatir anak-anak ular itu membahayakan nyawa mereka. Warga lantas memburu anak-anak ular itu dan induknya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya