Libur Natal, Imigrasi Soetta Catat Peningkatan WNI ke Luar Negeri

Bandara Soekarno Hatta
Sumber :
  • VIVAnews/Sherly

VIVA – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta mencatat jumlah Warga Negara Indonesia (WNI) yang bepergian ke luar negeri melalui Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang mengalami peningkatan dibanding tahun 2018.

Dari data yang dihimpun VIVAnews melalui imigrasi Soekarno-Hatta, pada periode 1 hingga 21 Desember 2019, sebanyak 218.365 WNI berangkat ke luar negeri. Angka tersebut pun mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2018 yakni 211.165 orang.

Kepala Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta, Saffar Muhammad Godam mengatakan, untuk tujuan WNI yang bepergian ke luar negeri adalah ke Singapura, Saudi Arabia dan Jepang.

"Periode natal dan tahun baru 2020, WNI yang pergi ke luar negeri melalui Bandara Soekarno-Hatta baik itu di Terminal 2 ataupun 3 mengalami peningkatan sekitar tiga persen dari tahun lalu," katanya di Tangerang, Rabu, 25 Desember 2019.

Sementara, angka tersebut berbanding terbalik dengan jumlah kunjungan WNA (Warga Negara Asing) ke Indonesia. Di mana, pada tahun 2019, sebanyak 120.075 WNA yang berkunjung ke Indonesia. Padahal, di tahun 2018 lalu, kurang lebih sebanyak 150 ribu WNA yang datang ke Indonesia.

"Untuk tahun ini kunjungan WNA ke Indonesia mengalami penurunan kurang lebih 3 persen dibandingkan tahun lalu. Dugaan kami, penurunan kunjungan WNA ke Indonesia dikarenakan minimnya event internasional pada tahun 2019 ini. Sedangkan, kalau tahun lalu, banyak event internasional seperti ASIAN Games, Paragames dan IMF," ujarnya.

Meski demikian, pihak imigrasi tetap melakukan peningkatan pelayanan. Pada periode ini pun, pihaknya menerjunkan 803 petugas yang berjaga di ketiga Terminal Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang baik itu area kedatangan maupun keberangkatan.

Penumpang Domestik di Bandara Soetta Masih Wajib Antigen
Layanan pemeriksaan Antigen/PCR di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang

Layanan PCR dan Antigen di Bandara Soetta Tetap Dibuka

Layanan tes antigen atau PCR di Bandara Seokarno-Hatta tetap dibuka, meskipun pemerintah telah meniadakan syarat tersebut

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022