Banjir di Bekasi Rendam Pemukiman, Ketinggian Mencapai Satu Meter

Banjir di Teluk Pucung, Bekasi Jawa Barat
Sumber :
  • VIVAnews/Dani

VIVA – Intesitas hujan yang tinggi membuat sebagian wilayah di Kota Bekasi terendam banjir Rabu 1 Januari 2020. Pemukiman penduduk di wilayah Teluk Pucung Bekasi Timur, yang paling parah terendam. Di wilayah itu air menggenangi setinggi 1 meter.

152 Sekolah di Bekasi Terdampak Banjir, Banyak Mebeler Rusak

"Air sudah setinggi 1 meter di wilayah Teluk Pucung Bekasi Timur," kata Wakil Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Karsono, Rabu 1 Januari 2020.

Karsono mengaku tingginya air di wilayah tersebut dikarenakan curah hujan tinggi. Termasuk hulu di wilayah Bogor juga mengalami hujan berkepanjangan sejak Selasa siang. 

Tumpukan Mobil 'Korban' Banjir di Bekasi Dievakuasi Kendaraan Offroad

"Wilayah lain di Bekasi yang banjir juga banyak. Khususnya di pemukiman penduduk, tapi tinggi air mencapai 50 centimeter," kata Karsono.

Karsono mengaku guyuran hujan lebat juga menyebabkan debit air di Kali Bekasi naik. Posisi ketinggian air pada pukul 02.00 Wib mencapai 550 centimeter. "Padahal normalnya hanya 280 centimeter," imbuhnya.

Minim Perahu Karet di Lokasi Banjir, Becak Laku Keras di Bekasi

Sejauh ini Karsono petugas terus melakukan pemantauan ke sejumlah wilayah rawan bankir. Menurut dia, penyebab banjir yang kebanyakan terjadi di pemukiman penduduk lebih banyak dipengaruhi buruknya drainase.

"Sehingga air tidak mengalir ke pembuangan dan harus menggenang. Ketinggian air yang merendam pemukiman warga mulai dari 20 centimeter sampai 50 centimeter," ujarnya

Sungai di Bekasi

Sungai di Bekasi Bakal Dipasang Sirine Peringatan Dini Banjir

Sejauh ini sistem peringatan dini sebatas radio dan WhatsApp.

img_title
VIVA.co.id
23 Januari 2020