Pemprov DKI Ungkap 10 Lokasi Pompa Terendam Saat Banjir Tahun Baru

Sejumlah mobil dan akses jalan hancur pasca banjir yang merendam kawasan Pondok
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Risky Andrianto

VIVA – Pemprov DKI mengungkap ada 10 lokasi pompa terendam air saat banjir, karena tingginya curah hujan di malam pergantian tahun pada Rabu 1 Januari 2020. Kejadian ini, membuat pihak Pemprov Jakarta melakukan evaluasi.

BNPB Kasih Jurus Jitu Atasi Bencana Banjir

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI, Juaini Yusuf mengatakan, terendamnya pompa-pompa, membuat DKI melakukan evaluasi supaya selanjutnya, sarana-sarana penanggulangan banjir di ibu kota itu bisa tetap berfungsi optimal, meski cuaca ekstrem.

"Kalau (lokasi pompa) yang terendam, ada di sekitar 10 lokasi," ujar Juaini di Balairung Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin 6 Januari 2019.

Satu Jenazah Korban Banjir Bandang di Agam Ditemukan 5 Km dari Lokasi Bencana

Juaini menyampaikan, lokasi pompa yang terendam seperti di Teluk Gong, Jakarta Utara. Selain itu, lokasi lainnya misalnya Semanan, Jakarta Barat, juga Kampung Pulo, Jakarta Timur.

"Dari satu rumah pompa itu bervariasi (jumlah pompa yang tidak berfungsi optimal). Ada yang empat unit, ada yang dua, tergantung," ujar Juaini.

Mau Pindahkan Hujan di Daerah Bencana Sumatra Barat, BMKG Siapkan 15 Ton Garam

Juaini juga mengemukakan, evaluasi dilakukan misalnya dengan meninggikan posisi pompa. DKI akan mengupayakan untuk selanjutnya, tidak ada pompa yang terganggu kinerjanya, sehingga bisa segera menyedot genangan saat air mulai meninggi.

"Ke depan, karena melihat situasi seperti itu, kita harus mengevaluasi dengan meninggikan pompa yang ada," ujar Juaini. (asp)

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengunjungi lokasi banjir bandang dan lahar hujan di Kabupaten Agam, Sumatra Barat, pada Rabu malam, 15 Mei 2024.

Lokasi Pengungsian Warga Berada di Jalur Lahar Hujan Marapi, Risma Minta Dipindahkan

Menteri Sosial Tri Rismaharini meminta warga Kabupaten Agam, yang tinggal di dekat sungai jalur banjir lahar hujan Gunung Marapi diungsikan ke tempat yang lebih aman.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2024