Anies Apresiasi Bantuan Masker hingga Ventilator dari Swasta

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengapresiasi bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker juga ventilator. Bantuan yang diterima Pemprov DKI itu berasal dari pihak swasta.

Atasi Polusi Udara di Musim Kemarau, Heru Budi Pakai Water Mist Lagi

Menurut Anies yang juga mantan menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini, diterimanya APD dari Gajah Tunggal Group, akan mempermudah tenaga medis bekerja menangani wabah Covid-19.

"Kami mengapresiasi dan berterima kasih kepada UID dan Gesit Foundation atas kontribusinya membantu garda paling akhir dari penanggulangan pandemi," ujar Anies di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat, 15 Mei 2020.

Ancaman Heru Budi Buat Ketua RT di Jakarta

Anies menyampaikan, di masa wabah, DKI ingin timbul solidaritas sosial di antara warga. Solidaritas itu, ditunjukkan dengan penyaluran-penyaluran bantuan yang difasilitasi DKI melalui Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB).

"Ini waktunya pembatasan sosial melahirkan solidaritas sosial, sehingga yang punya tabungan bantu yang tidak punya tabungan agar mereka survive," kata Anies.

Didoakan jadi Gubernur Jakarta, Heru Budi Bilang Banyak Kandidat Lebih Bagus

Anies juga mengemukakan, inisiatif KSBB yang bisa diakses di corona.jakarta.go.id/ksbb, telah menerima ribuan jenis bantuan yang sudah disalurkan juga ke kalangan yang membutuhkan. Tidak hanya perusahaan, individu juga bisa berpartisipasi di KSBB.

"Kami membantu menyiapkan platform untuk semua bisa berkontribusi melalui Kolaborasi Sosial Berskala Besar," tutur Anies.

Yayasan Upaya Indonesia Damai/United in Diversity (UID) yang didukung oleh Gajah Tunggal Group memberikan bantuan berupa 500 ribu unit masker dan Gesit Foundation memberikan 20 unit non invasive ventilator.

Sementara itu, sejak 24 April 2020 hingga 14 Mei 2020 pukul 12.00 WIB, Pokja KSBB telah mengumpulkan komitmen untuk 209.381 Paket Sembako, 87.050 Paket Makan Siap Saji, 14.456 Paket Lebaran, dan 511 paket THR untuk warga-warga yang rentan secara ekonomi di tingkat RW. 

Berdasarkan kompilasi data komitmen yang masuk disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing RW, maka data keterpenuhan kebutuhan RW pada pekan ke-3 Ramadhan per 14 Mei 2020, terdapat 84 RW yang telah terpenuhi kebutuhannya dari total 165 RW menerima bantuan KSBB.

Pokja KSBB juga telah menerima komitmen bantuan dari berbagai kalangan, yang saat ini terdapat 51 donatur perusahaan/kelompok dan lima donatur perseorangan. Untuk membantu penyaluran bantuan dari masyarakat kepada masyarakat tersebut, Pemprov DKI Jakarta bermitra dengan Baznas Bazis DKI Jakarta, Palang Merah DKI Jakarta, Yayasan Rumah Zakat, Aksi Cepat Tanggap, Dompet Dhuafa, dan Human Initiative.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya