Ribuan Pekerja di Kabupaten Bekasi Terkena PHK

Ilustrasi di-PHK | Foto Shutterstock
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ribuan pekerja di kawasan industri Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terdampak pandemi Covid-19. Alhasil, 1.651 pekerja terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

Pekerja Kena PHK Masih Berhak Dapat Pesangon Meski Sudah Ada JKP

Jumlah tersebut menjadi angka PHK terbesar di Jawa Barat. Sebab, berdasarkan data dari Kementerian Ketenagakerjaan, buruh yang terdampak saja sebanyak 6.206 buruh.

"Yang terdampak 6.206 buruh, tapi sudah ada 1.651 yang terkena PHK," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Suhup, Selasa 23 Juni 2020.

Wanita Hamil di Bekasi Dibegal Enam Pria

Menurutnya, jumlah PHK dari Kabupaten Bekasi menyumbang angka terbanyak di Jawa Barat. Adapun saat ini, ia mengatakan masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maupun Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sejumlah industri sudah berjalan.

Meski begitu, ia menjelaskan masih belum ada perekrutan pegawai baru. Sebab, saat ini masih pada tahap recovery di sektor hulu.

Grand Mall Bekasi Kebakaran, 7 Mobil Damkar Diturunkan ke Lokasi

Ia mencontohkan pada industri di sektor elektronik dan otomotif memiliki induk atau hulu. Misalnya, perusahaan otomotif memiliki ratusan perusahaan pemasok suku cadang.

"Kalau hulunya belum normal, maka hilir tidak bisa apa-apa," jelasnya.

Menaker Ida Fauziyah.

Ada Program JKP, Pekerja Ditegaskan Tak Dipungut Iuran Baru

Menaker Ida optimistis, program JKP bisa menjawab kegalauan pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2022