Terciduk Razia Masker di Depok, Santri: di Banten Enggak Ada Corona

Para santri asal Banten terjaring razia masker di Depok
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – Tingginya kasus penyebaran COVID-19 di Depok membuat kota tersebut kembali berada dalam zona merah, atau dengan status berisiko tinggi. Terkait hal itu, aparat setempat kian gencar melakukan berbagai langkah pencegahan, salah satunya dengan menggiatkan razia masker.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Beberapa lokasi yang jadi titik utama operasi tersebut di antaranya, Jalan Simpang Siliwangi, Jalan Margonda, kawasan Sukmajaya dan kawasan Pancoran Mas. Hasilnya, masih ditemukan banyak masyarakat yang tak mematuhi protokol kesehatan, utamanya tak menggunakan masker.

Baca juga: Depok Kembali ke Zona Merah, Aparat Gencar Razia Masker

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Seperti yang dilakukan oleh sejumlah santri asal Banten ini. Mereka kedapatan tak mengenakan masker, ketika menumpang truk. Tercatat, ada sekira tujuh santri yang terpaksa ditindak petugas. Mereka terciduk saat melintas di Jalan Simpang Siliwangi, Depok, Senin, 24 Agustus 2020.

Kepada petugas, beberapa santri bahkan melontarkan jawaban yang cukup menggelitik ketika ditanya perihal tak mengenakan masker. “Di Banten enggak ada Corona,” kata Andi, remaja yang mengaku santri di salah satu pondok pesantren di kawasan Banten.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Andi dan sejumlah temannya itu mengaku baru pulang berziarah dari kawasan Cianjur, Jawa Barat. Mereka pun tahu, ada aturan yang mewajibkan penggunaan masker. “Kirain enggak ada Corona, saya lupa enggak pakai masker,” ujarnya sambil tertawa.

Karena terbukti melanggar, Andi dan sejumlah rekannya itu pun terpaksa dikenakan sanksi. Namun bukan denda, melainkan sanksi sosial, yakni membersihkan fasilitas umum di kawasan Simpang Siliwangi, Depok. 

Jemaah calon haji naik pesawat untuk berangkat ke Tanah Suci di Arab Saudi (Foto ilustrasi)

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Kuota haji Kabupaten Tangerang meningkat 15 persen.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024