Wisma Makara UI Disterilisasi, Siap Tampung OTG COVID-19

Wisma Makara Universitas Indonesia Disterilisasi
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – Setelah sempat tarik ulur, Wisma Makara Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, akhirnya dikabarkan siap menampung pasien COVID-19 dengan kondisi Orang Tanpa Gejala (OTG).

Taiwan Siap Berbagi Pengalaman Pelayanan Medis dengan Indonesia

“Sudah siap tinggal menunggu petugas nakes (tenaga kesehatan),” kata Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran Kota Depok, Denni Romulo, Rabu, 18 November 2020.

Jika tenaga kesehatan sudah ada di sana maka Wisma Makara siap menangani para OTG. “Pokoknya kalau nakes siap, misalnya besok, nah itu (Wisma Makara) sudah langsung siap. Kalau nakesnya ada hari ini atau besok ya sudah masuk lah,” ujarnya.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Baca juga: Indonesia Termasuk 7 Negara Penjual BBM Tidak Ramah Lingkungan

Denni menyebut, Wisma Makara UI memiliki kapasitas 120 tempat tidur. Terkait penanganan, pihak manajemen sudah melakukan pelatihan cara menangani OTG.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

“Termasuk bagaimana tata cara kasih makan, pakaian, baju-baju untuk OTG, semua sudah mereka persiapkan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Denny, pihaknya juga telah melakukan sterilisasi dengan cairan disinfektan di area Wisma Makara UI. “Rencana selain hari ini, kita akan lakukan seminggu sekali, internal mereka tiap hari.”

Untuk diketahui, berdasarkan situs resmi pemerintah setempat, kasus terkonfirmasi positif di Kota Depok sampai dengan saat ini telah mencapai 8.743 orang, sembuh 7.055 orang, dan meninggal dunia 238 orang. Sedangkan tanpa gejala 1.331 orang. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya