Calo Rapid Test COVID-19 di Stasiun Pasar Senen Ditangkap

Ilustrasi hasil rapid test
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Jajaran kepolisian dari Polres Metro Jakarta Pusat dan Polsek Senen telah mengamankan para calo rapid test.

Jelang Mudik Idul Fitri 2024, Polisi Tangkap Dua Calo di Terminal Merak

Mereka beroperasi dengan menawarkan hasil rapid kepada para penumpang di Stasiun Kereta Api Senen, Jakarta Pusat, Minggu, 20 Desember 2020, pukul 01.30 WIB.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, mengatakan bahwa informasi ini berawal dari adanya laporan salah satu media nasional terkait hal tersebut.

Puluhan Suporter Tak Bisa Saksikan Laga Timnas Vs Vietnam di GBK, Tertipu Tiket Palsu

Baca juga: Langgar Protokol, Bar Vote Pantai Indah Kapuk Disegel

Kronologinya, pada Sabtu, 19 Desember 2020 sekira pukul 23.00 WIB, pelapor memberikan informasi bahwa telah terjadi praktik percaloan hasil rapid test.

4 Calo Rekrutmen Calon ASN Diringkus Polda Jatim, Tipu Puluhan Korban Rp7,4 Miliar

Kemudian, para saksi yang merupakan anggota kepolisian langsung melakukan penyelidikan dan berhasil menangkap para pelaku di antaranya, Agus Sukiya.

Dari tangan pelaku didapat barang bukti berupa uang senilai Rp100 ribu, L Yuliman dengan barang bukti uang tunai Rp42.000, dan Hendera Saputra barang bukti tidak ada.

"Selanjutnya pelaku dibawa ke Polrestro Jakpus untuk penyidikan," kata Yusri.

Yusri menuturkan, bahwa modus operandi yang dilakukan para calo yaitu dengan menawarkan hasil rapid test tanpa dilakukan pemeriksaan kesehatan. Tentu hasil itu adalah palsu dan mereka mematok harga murah dari harga normal.

Hingga kini, polisi melakukan pengembangan terkait kejadian itu dan akan dilakukan penindakan tegas jika memang ada pihak yang mencoba memalsukan hasil tes COVID-19 tersebut. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya