Ketinggian Air Bendung Katulampa Naik Siaga 3, Warga Diminta Waspada

Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 19 Februari 2021.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Muhammad AR (Bogor)

VIVA – Hujan yang menguyur kawasan Puncak Bogor menyebabkan ketinggian air di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat, mulai naik melampaui 100 sentimeter hingga statusnya Siaga 3. Warga yang tinggal di dekat aliran sungai Ciliwung diimbau untuk waspada dan siaga berhati-hati adanya luapan air sungai.

Longsor Horor Terjang Toraja Utara, 3 dari 9 Orang yang Tertimbun Tewas

"Untuk TMA di Bendung Katulampa Cukup ada kenaikan yang signifikan sekali di dinihari pagi tadi masih normal 30 sentimeter memasuki jam 6 pagi naik menjadi 60 sentimeter," ujar Kepala Sub Kordinator Bendungan Pintu Air Katulampa Bogor, Andi Sudirman, Jumat, 19 Februari 2021. 

Dia menambahkan, "Tepat saat ini jam 9 naik ke 100 sentimeter atau siaga 3 sampai saat ini dengan debit 128 ribu liter per detik air yang termonitor di Bendung Katulampa."

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

Andi mengimbau, agar warga di sepanjang aliran sungai Ciliwung waspada dan siaga agar berhati-hati karena debit Bendungan Katulampa mulai naik. 

Andi mengatakan, air akan sampai hilir di Jakarta sekitar 10 sampai 12 jam mendatang. Apabila hujan di area Bogor dan Depok, volume debit air akan bertambah.

Bangunan Sekolah di Kolaka Roboh Ditimpa Tanah Longsor, 2 Ruang Kelas Porak-Poranda

"Yang kita khawatirkan di perjalanan volume air bertambah karena hujan lokal di kawasan Bogor sampai Depok sampai Jakarta. Kondisi cuaca di Puncak Bogor masih hujan. Di sini sendiri dari pukul 3 dini hari hujan terus menerus. Cuaca cukup ekstrem tercatat di Bendung Katulampa 97 milimiter," kata Andi.

Kondisi cuaca wilayah puncak saat ini masih hujan ringan, sementara di sekitar Kota Bogor cuaca mendung.

"Dan potensi hujan di Puncak masih terjadi kita terus meng-update informasi dari BMKG mengenai cuaca siang hingga malam hari ini. Kita akan menginformasikan kondisi ke masyarakat melalui grup-grup," kata Andi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya