Warga Bekasi yang Mudik Rumahnya Ditempel Stiker oleh Pemkab

Ketua Satgas COVID-19 Kabupaten Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan
Sumber :
  • VIVA/Dani

VIVA – Pemerintah Kabupaten Bekasi tengah mendata rumah pemudik yang ada di wilayahnya. Sebab, dalam waktu dekat seluruh rumah itu akan ditandai dengan stiker.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Pemasangan itu dilakukan untuk menandakan warga yang telah melakukan mudik," kata Wakil Ketua Satgas COVID-19 Kabupaten Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan, Kamis 13 Mei 2021.

Nantinya, proses pendataan serta pemasangan stiker akan dilakukan Satgas COVID-19 mulai tingkat kelurahan/ desa yang diperbantukan pihak RT/RW.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Fungsi pemasangan stiker itu kata dia untuk memudahkan proses pemeriksaan petugas kepada pemudik yang kembali ke Bekasi. Pemeriksaan itu untuk memastikan keadaan sehat atau bebas COVID-19.

"Jadi Satgas datang mengecek apakah sudah ada hasil tes swab antigen belum. Namun, kalau tidak ada maka akan dites dan didatangi ke rumah," kata Hendra.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Untuk itu, pihaknya kata dia, tengah meminta bantuan alat swab antigen sebanyak 480.000 unit. Nantinya, pemeriksaan akan dilakukan di titik penyekatan arus balik.

"Bagi mereka yang tidak terjaring tes swab langsung kami datangi rumahnya. Pokoknya mereka yang datang harus kembali dalam keadaan sehat," ujarnya.

Hendra berharap, masyarakat Bekasi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan menggunakan masker, menjaga jarak dan tidak berkerumun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya