Catat, Warga Lenteng Agung yang Baru Balik Mudik Bakal di Isolasi

Wisma Makara UI Jadi Tempat Isolasi Pasien COVID-19
Wisma Makara UI Jadi Tempat Isolasi Pasien COVID-19
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal melakukan pengetatan akses masuk warga ke wilayahnya pada periode arus balik mudik atau libur Hari Raya Idul Fitri 2021. Salah satunya di wilayah Jakarta Selatan.

Wilayah itu adalah di Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa, yang akan menerapkan pada warga Lenteng Agung yang baru balik dari kampung halamannya, akan dilakukan swab dan disiapkan tempat isolasi.

"Kami mengimbau kepada warga Lenteng Agung yang melakukan perjalanan mudik dan akan kembali ke Kelurahan Lenteng Agung untuk melengkapi surat keterangan bebas COVID," ujar Lurah Lenteng Agung, Bayu Pasca dalam video yang diterima VIVA, Sabtu, 15 Mei 2021.

Dikatakan Bayu, bagi warga yang baru pulang dari kampung halaman nantinya akan diminta melakukan swab mandiri sebelum kembali ke rumahnya dan juga diminta lapor diri ke RT setempat.

"Ketentuannya, harus lapor ke RT dulu. Kalau dia menunjukkan surat bebas COVID-19 saat lapor ke RT, bisa beraktivitas kembali," imbuhnya.

Apabila warga tersebut tidak dapat menunjukkan surat keterangan bebas COVID-19, pihaknya nantinya akan memfasilitasi warga untuk melakukan swab antigen yang telah disediakan di puskesmas kelurahan atau kecamatan dan juga telah bekerja sama dengan Kampung Tangguh Jaya.

"Kalau warga tersebut tidak melapor, petugas akan door to door melakukan pengecekan dan pengawasan," ujar Bayu.