Logo BBC

Mengungkap Kastel Batavia Simbol Kejayaan VOC yang Terkubur Zaman

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

Suwanto mengumpulkan pecahan-pecahan keramik dan bongkahan batu berwarna kekuningan yang masih menempel di tanah suatu lapangan di pinggir Kali Ciliwung, Jakarta Utara, dengan antusias di suatu siang yang terik. Di lapangan ini, lebih dari 400 tahun lalu berdiri Kastel Batavia, simbol kekuasaan perusahaan dagang Belanda VOC di Pulau Jawa dan sekitarnya.

"Masih banyak ini barang sisa-sisa peninggalan Kastel Batavia," ujar Suwanto, yang tinggal di Jalan Tongkol, Kelurahan Ancol, Jakarta Utara.

Pecah belah itu dia kumpulkan dari sebidang tanah bekas lubang galian yang telah ditutup lagi.

Beberapa petak di lapangan dekat rumahnya itu menjadi lokasi penggalian tim arkeolog dari Universitas Indonesia pada April lalu untuk meneliti dugaan adanya sisa-sisa Kastel Batavia, yang dibangun pada abad ke-17.

Setelah beberapa bagian lapangan itu diteliti dan digali hingga satu setengah meter, dugaan itu benar.

"Di situ ditemukan susunan bata, yang jelas beda sekali dengan bata sekarang," kata Wanny Rahardjo Wahyudi, pakar arkeologi dari Universitas Indonesia yang memimpin tim penelitian di lokasi penggalian itu.

Di lokasi penggalian itu ternyata ditemukan pondasi bangunan salah satu bastion atau menara jaga Kastel Batavia. Total ada empat bastion di kastel itu. Pondasi bangunan yang ditemukan itu adalah bagian dari bastion bernama Saphir.

Menurut ahli arkeologi, seluruh bangunan kastel itu sudah lama dihancurkan, tepatnya di awal abad ke-19 ketika Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Herman Daendels, memutuskan untuk memperluas Kota Batavia, mengingat lingkungan di kastel sudah dinyatakan tidak sehat. Yang tersisa kini hanya pondasi-pondasi kastel di bawah tanah.

Namun baik pakar dan pemerhati sejarah berharap, walau fisiknya sudah terkubur dalam, kenangan akan Kastel Batavia bisa dibangkitkan lagi untuk memperluas pengetahuan bagi publik karena peninggalan ini termasuk bagian penting dari sejarah Kota Jakarta yang dulu bernama Batavia, sekaligus saksi dari era kolonialisme Belanda di Indonesia.

Berawal dari membuat sumur

Batavia, kastel batavia
BBC
Warga mengumpulkan pecahan-pecahan keramik di bekas lokasi penggalian sisa-sisa Kastel Batavia di Jakarta Utara

Sebidang wilayah lapang di sudut Jalan Tongkol, Jakarta Utara, sehari-harinya lebih dikenal sebagai tempat parkir truk kontainer. Kadang lapangan seluas kurang lebih dua hektare itu jadi tempat lomba adu kicau burung. Bila hujan, lapangan yang dikelilingi rumah-rumah warga, gudang, dan deretan ruko itu menjadi becek.