27 Warga di Bambu Apus Positif COVID-19, Petugas Telusuri Kontak Erat

Petugas medis melakukan tes COVID-19. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • VIVAnews/Kenny Putra

VIVA – Sejumlah warga di RT 08 RW 03, Kelurahan Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur diserang virus COVID-19. Sejauh ini, dilaporkan ada 27 orang yang terinfeksi virus mematikan itu di wilayah tersebut.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Menurut Wakapolres Metro Jakarta Timur Ajun Komisaris Besar Polisi Ahmad Fanani, pelacakan kontak atau yang dikenal dengan sebutan tracing masih terus dilakukan. Mereka yang tertular dirujuk ke Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet.

"Begitu kami mendengar ada 27 orang yang terpapar COVID-19 kami dari TNI, Polri, dan petugas kecamatan mengambil langkah-langkah pertama datangi lokasi, kedua menyemprot disinfektan, melakukan tracing dan membawa masyarakat yang tertular COVID-19 ke wisma atlet," ujar dia kepada wartawan, Rabu, 2 Juni 2021.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Dia menjelaskan, penularan yang terjadi di RT 08 berawal dari adanya gejala tidak enak badan yang dialami seorang Asisten Rumah Tangga (ART) di sana. Warga tersebut menolak berobat. Akhirnya, petugas kesehatan inisiatif memeriksa. Ternyata, hasilnya positif COVID-19.

Lantas, pihaknya bersama petugas terkait menelusuri siapa saja yang kontak erat dengan ART itu untuk dilakukan swab antigen. Hasilnya, ditemukan sebanyak 27 orang yang terinfeksi COVID-19. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Fanani menambahkan, setelah dilakukan tracing lagi didapati lima dari 50 orang reaktif. Mereka terpapar dari 27 orang yang positif tadi. "Ini masih kami tracing di sekitaran RT 08," katanya.
 

Jemaah calon haji naik pesawat untuk berangkat ke Tanah Suci di Arab Saudi (Foto ilustrasi)

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Kuota haji Kabupaten Tangerang meningkat 15 persen.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024