Masjid Al Azhar Akan Gelar Salat Jumat dengan Prokes Ketat

Masjid Agung Al-Azhar Jakarta
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan akan menggelar ibadah Salat Jumat, dengan menerapkan protokol kesehatan lebih ketat, Jumat, 25 Juni 2021.

Tarawih Pertama Ramadhan 1445 H, Masjid Istiqlal dan Masjid Al-Azhar Dipadati Warga

"Insya Allah Al Azhar akan menggelar (salat) Jumat dengan protokoler yang ketat," kata Kepala Kantor Masjid Agung Al Azhar, Iding saat dikonfirmasi, Jumat, 25 Juni 2021.

Iding menyebutkan, ibadah Salat Jumat digelar berdasarkan surat edaran dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta yang memperbolehkan pelaksanaan salat tersebut dengan protokol kesehatan yang lebih ketat.

Keutamaan Baca Alfatihah, Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas 7 Kali Usai Salat Jumat

"Kami sudah dapat edaran dari DMI ya terus ada maklumat yang terbaru (23 Juni 2021) dari MUI DKI itu membolehkan untuk salat asal dengan prokes ketat," ujarnya.

Adapun protokol kesehatan yang ketat, menurut Iding, yaitu mengatur jarak lebih dari satu meter, dan para jemaah dibatasi kapasitasnya jadi 25 persen.

Unik! Pemandangan Sholat Jumat di Masjid Terapung Kalteng, Jemaah Bawa Perahu Masing-masing

"Total kapasitas kurang lebih 1.000-an maksimal, 25 persen berarti 250 orang ya sekitar segitulah paling," ujarnya.

Jika nantinya aula utama penuh, pihaknya sudah mempunyai langkah antisipasi yaitu jemaah diarahkan ke aula bawah dan tidak menutup kemungkinan untuk para jemaah diarahkan di halaman Masjid Al Azhar. "Bisa jadi seperti itu gelar salat di lapangan," ujarnya.

Detik-detik Marhan Harahap Diadang

5 Fakta Marhan Harahap Meninggal Usai Diseret Petugas saat Hendak ke Masjid

Nama Marhan Harahap saat ini tengah menjadi sorotan lantaran pingsan lalu meninggal dunia usai diadang oleh petugas saat hendak masuk masjid untuk  menunaikan Salat Jumat

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024