ITC Cempaka Mas Dibuka, Pengunjung Wajib Tunjukkan Sertifikat Vaksin

Mal ITC Cempaka Mas kembali dibuka, pengunjung dan pedagang wajib bawa sertifikat vaksin.
Sumber :
  • VIVA/Willibrodus (Jakarta)

VIVA – Sejumlah mal dan pusat perbelanjaan lain di wilayah Jakarta Pusat sudah mulai buka untuk menjalani aktivitas perdagangan pada hari ini Kamis, 5 Agustus 2021. Salah satu pusat perbelanjaan yang juga mulai buka adalah ITC Cempaka Mas yang terletak di Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

PGA Catat 348 Kali Gempa Hembusan Terjadi di Puncak Gunung Ile Lewotolok

Meski demikian, aktivitas jual beli di ITC Cempaka Mas masih tampak sepi. Beberapa kios yang ada di dalam pun masih tutup.

Meski masih dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, namun pemerintah telah melonggarkan sejumlah kegiatan. Namun, pelonggaran ini masih harus mengikuti aturan protokol kesehatan.

Bandara Samrat Ditutup Sementara Akibat Gunung Ruang Kembali Erupsi

Baca juga: Siapa Sangka, Eks Sopir Angkot Itu Kini Orang Terkaya ke-3 di RI

Karyawan dan pengunjung yang ingin masuk ke dalam ITC Cempaka Mas itu pun wajib menunjukkan sertifikat vaksinasi. Apabila tidak membawa surat bukti telah divaksin, pengunjung atau pun pedagang tidak diperkenankan untuk masuk dan diminta untuk menjalani vaksinasi di gerai yang telah disiapkan pengelola.

Hard Gumay Ramal Kasus Hukum Chandrika Chika, Warganet: Gila, Ilmunya Dalem Banget

Tampak di pintu masuk ITC Cempaka Mas ini, sejumlah petugas keamanan dan pihak pengelola disiagakan untuk memeriksa kelengkapan surat saat hendak masuk. Surat yang dimaksud, seperti sertifikat vaksinasi.

Lily, salah satu pedagang di dalam ITC Cempaka Mas mengatakan, bahwa semua pedagang sudah divaksin. Sehingga, pihak pengelola meminta untuk tetap menjaga protokol kesehatan, terutama memakai masker secara benar.

"Ya surat vaksin ditunjukkan, prokes lah yang ketat gitu. Kalau di sini sih sudah vaksin semua, pedagang semuanya vaksin jadi ya amanlah ya. Harapannya jangan takut datang, kita semua pedagang sudah vaksin ya. Mungkin ya ke depannya kita harap semuanya juga pada vaksin juga," kata Lily, di lokasi.

Para pedagang di ITC Cempaka Mas pun berharap, agar roda perekonomian dapat kembali berjalan dengan dibukanya kembali pusat-pusat perbelanjaan. Sebab, selama PPKM Darurat hingga PPKM Level 4 saat ini, sektor perekonomian tampak jatuh terpuruk.

Sementara itu, Intan, seorang pengunjung yang ditemui di ITC Cempaka Mas menyebutkan, bahwa ia tidak terlalu mempersoalkan pemberlakuan aturan yang ketat seperti ini. Asalkan, aktivitas perdagangan tetap berjalan.

"Tadi sebelum masuk disuruh menunjukkan surat vaksin, dicek sama KTP sesuai gak dengan sertifikat vaksin. Kalau ini salah satu keharusan untuk  kesehatan bersama, saya sih gak keberatan," sebutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya