TNI AL Ungkap Penyebab Vaksinasi Kabupaten Bogor Masih Rendah

TNI Angkatan Laut menggelar vaksinasi di Kabupaten Bogor
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR

VIVA – Satgas COVID-19 TNI Angkatan Laut menggelar serbuan vaksin guna mempercepat target capaian vaksinasi Kabupaten Bogor dalam rangka Hari Armada ke 76. Dalam kegiatan tersebut, TNI AL mengajak masyarakat mematuhi protokol kesehatan memakai masker, mencuci tangan, dan tidak berkerumun meski sudah mengikuti vaksinasi.

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

"Kami terus melaksanakan kegiatan serbuan vaksinasi untuk masyarakat sekitar Jonggol ini dalam rangka mendukung kebijakan dari pemerintah. Pelaksanaan hari ini di Kabupaten Bogor yang capaiannya masih kurang," kata Wakil Komandan Lantamal III Kol Laut (P) Teguh Gunawan, mewakili Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) III, Brigjend TNI (Mar) Umar Farouq, di Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 24 November 2021.

Teguh menjelaskan, TNI AL melaksanakan serbuan vaksinasi di tempat yang capaiannya kurang dari 70 persen untuk mendorong ketertinggalan, salah satunya di Kabupaten Bogor.

Sempat Hilang Kesadaran Akibat Sepsis, Chicco Jerikho Ngerasa Dikasih Kesempatan Kedua

Teguh mengatakan, banyak faktor yang menjadi penyebab tingkat vaksinasi di Kabupaten Bogor rendah. Di antaranya kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai vaksinasi. Kondisi itu terbukti saat edukasi masyarakat pada saat TNI AL menggelar serbuan vaksinasi. Termasuk hoax yang diterima oleh masyarakat.

"Tetapi setelah ada penjelasan dari kami Satgas COVID-19 masyarakat jadi tenang dan mengetahui pentingnya vaksinasi dan berani mengikuti vaksinasi.  Awal awal kami melaksanakan vaksinasi masyarakat itu, hoax-hoax yang sudah ada itu membuat masyarakat ketakutan akan dampak yang diakibatkan. Padahal itu sama sekali tidak ada. Vaksinasi ini benar benar aman sehat halal dan berguna bagi masyarakat agar tidak terpapar COVID-19," jelasnya.

Penting! Orang Usia 44 Tahun Harus Segera Dapatkan Vaksin Ini, Kata PAPDI

Teguh menyampaikan, Balai Pengobatan Komplek TNI AL Sukamanah Jonggol sudah melaksanakan vaksinasi bagi masyarakat. Namun karena banyaknya masyarakat Satgas COVID-19 TNI AL datang untuk kembali ke sini untuk membantu vaksinasi. Selain itu, kegiatan vaksinasi juga sekaligus dalam rangka hari Armada Republik Indonesia ke 76.

"Selain vaksin kami memberikan sumbangan kepada masyarakat dan anggota, melaksanakan bersih lingkungan laut, sungai dan pantai," kata Teguh.

Bagi masyarakat yang sudah mengikuti divaksinasi, Lantamal III Angkatan Laut mengajak masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan walaupun sudah divaksinasi. Sebab, apa bila abai melaksanakan protokol kesehatan akan menjadi pemicu penularan COVID-19 yang sangat cepat. Untuk itu, bagi masyarakat yang sudah divaksinasi  tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

"Kami mengajak terus agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan untuk memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak tidak berkerumun, itu harus tetap dilaksanakan," imbau Teguh. 

#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19

Baca juga: 2 Persen Lagi Kota Malang Capai Herd Immunity

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya