Kasus Satpam Permata Buana Kembangan, Fakta Baru Mengejutkan Terungkap

Viral cekcok satpam dengan warga kompleks di Kembangan, Jakbar
Viral cekcok satpam dengan warga kompleks di Kembangan, Jakbar
Sumber :
  • Instagram/polres_jakbar

VIVA – Polisi dituding melakukan penyalahgunaan wewenang dalam kasus keributan belasan satpam kompleks dengan warga yang awalnya diduga akibat masalah pungli. Kasus keributan ini beberapa waktu lalu terjadi di Kompleks Permata Buana Kembangan Jakarta Barat.

Diketahui bahwa belasan satpam yang cekcok dengan warga setempat telah diamankan. Namun sejak bergulirnya peristiwa ini kasus itu disebut belum juga rampung berkasnya alias P21. Hal itu diungkap kuasa hukum warga tersebut, Erick F. Ang yang merupakan pengacara dari Amir Hasan yakni pengurus RW.

"Kami selaku kuasa hukum dari Amir Hasan melihat adanya kejanggalan dalam permasalahan tersebut. Kami menduga adanya oknum Kepolisian yang dengan sengaja melakukan intimidasi dan penyalahgunaan wewenang dalam menangani kasus tersebut," kata Brian kepada wartawan pada Minggu 5 Desember 2021.

Akibat dugaan intimidasi dan penyalahgunaan wewenang tersebut, Brian menyebut kliennya merasa tertekan. Sehingga kliennya mengadukan hal tersebut kepada Propam Polri. Surat diterima dengam nomor SPSP2/4816/XII/2021/Bagyanduan.

"Terkait pengaduan atas dugaan intimidasi dan penyalahgunaan wewenang oleh oknum Kasubnit Resmob Satreskrim Polres Jakarta Barat dalam menangani Laporan Polisi Nomor: LP/B/800/IX/2021/SPKT/Polres Metro Jakarta Barat tanggal 20 November 2021 terkait rekayasa dan manipulasi perkara isi keterangan dalam berita acara pemeriksaan," katanya.

Dia mengaku berpegang kepada ucapan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo beberapa waktu lalu yang menegaskan bahwa menghadapi era keterbukaan polisi harus peka dalam menghadapi permasalahan di masyarakat. Tentunya lanjut dia, apa yang dilakukan oleh Kapolri perlu mendapatkan apresiasi dan dukungan dari masyarakat.

Untuk itu, dia minta masyarakat diimbau jangan takut untuk melaporlan bila menemukan tindakan yang di nilai melanggar dan mencederai institusi Kepolisian. Dia berharap agar surat pengaduan yang dilontarkan dapat respons positif dan segera ditindaklanjuti demi berjalannya proses hukum yang berkeadilan.