Bentuk SDM Siap Kerja, AP II Beri Pelatihan Khusus ke Lulusan SMA

Angkasa Pura II menggelar pelatihan kebandarudaraan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA – PT Angkasa Pura II bekerja sama dengan Politeknik Penerbangan Indonesia menggelar pelatihan kebandarudaraan (ground handling). Hal itu dilakukan untuk membentuk sumber daya manusia (SDM) siap kerja.

Khofifah: Alumni UNAIR Harus Tingkatkan Kualitas SDM untuk Bangun Indonesia

Pada pelatihan itu, sebanyak 25 siswa lulusan SMA yang tinggal di sekitar wilayah bandara naungan PT Angkasa Pura II mendapatkan kesempatan untuk berlatih di PPI Curug, Kabupaten Tangerang.

Senior General Manager of Community Development Center PT Angkasa Pura II, Amirzal mengatakan,  seluruh peserta pelatihan berasal dari 5 wilayah berbeda, yaitu Bandara Kualanamu, Bandara Halim Perdanakusuma, Bandara Soekarno-Hatta, dan Bandara Husein Sastranegara. Mereka juga telah lulus seleksi sebelum mendapatkan pelatihan.

Kim Soo Hyun Jalani Pelatihan Tentara Cadangan Jelang Episode Terakhir Queen of Tears

"Kegiatan Pelatihan Cargo Handling ini dilaksanakan selama 7 hari dan diikuti oleh 25 orang peserta lulusan SLTA yang direkrut dari masyarakat sekitar bandar udara yang menjadi bagian tulang punggung keluarga di sekitar 4 wilayah bandara," katanya, Senin, 13 Desember 2021.

Suasana di Bandara Soekarno-Hatta.

Photo :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)
Siapkan Tenaga Kerja yang Kompeten, Kemnaker Ajak Jepang Investasi Pelatihan Bahasa

Pelatihan ini diharapkan mampu membantu pemerintah dalam menekan angka pengangguran, penyaluran lulusan sekolah kejuruan dan menyiapkan kebutuhan tenaga kerja siap guna.

"Kerja sama ini adalah untuk meningkatkan  kualitas SDM kemudian yang kedua mereka tentunya diberikan keilmuan tentang bagaimana aturan-aturan yang berlaku dan prosedur-prosedur apa yang akan mereka jalani ketika mereka nanti bekerja di bandara," ujarnya.

Sementara itu, Direktur PPI Curug Asri Sentosa mengatakan, kerja sama ini untuk meningkatkan SDM, kemudian dapat memberikan keilmuan tentang bagaimana aturan-aturan yang berlaku dan prosedur-prosedur apa yang akan mereka jalani ketika mereka nanti bekerja di bandara-bandara.

"Mereka tentunya bisa jadi SDM siap kerja, dan bila nanti ada lowongan di Bandara maka mereka jadi prioritas," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya