Jelang Puncak Arus Balik Lebaran, Bandara Soetta Antisipasi Penumpukan di Conveyor Belt

Antrean penumpang di area baggage drop Terminal 3, Bandara Soetta, Tangerang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Tangerang - PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama Bandara Soekarno-Hatta, melakukan rapat koordinasi dengan stakeholder bandar udara, seperti maskapai dan pihak otoritas bandara (Otban). Rapat tersebut terkait persiapan bandar udara untuk menghadapi puncak arus balik Lebaran 2024, yang akan terjadi besok, Senin, 15 April 2024.

Survei KedaiKOPI: Mayoritas Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Mudik Lebaran

Senior Manager of Branch Communication and Legal, Holik Muardi mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi beberapa hal terutama soal antrean atau penumpukan di beberapa titik terutama bagasi.

"Kita sudan antisipasi, terutama di bagasi. Untuk kami (Angkasa Pura) telah antisipasi di fasilitas, yakni conveyor belt," katanya, Minggu, 14 April 2024.

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Situasi pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly (Tangerang)

Dia melanjutkan, pihaknya meningkatkan koordinasi dengan pihak maskapai bila terjadi kendala untuk antisipasi penumpukan di area tersebut. "Koordinasinya kita tingkatkan dengan maskapai, supaya kita atur waktunya di area conveyor belt," ujarnya.

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

Bukan hanya itu, sisi ground handling pun juga siap dalam mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi saat arus balik, terutama area barang. "Kalau sisi bagasinya itu bagian ground handling, dan mereka sudah siap, seperti Lion Air yang nambah petugas juga," ujarnya.

Pantauan VIVA, antrean panjang pun terjadi di area baggage drop Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta. Adanya hal ini, petugas Avsec (aviation security) dan pihak maskapai pun, melakukan penambahan line atau jalur antrean untuk menghindari penumpukan.

Diketahui, hari ini pergerakan penumpang dan pesawat pun sudah mulai meningkat dibandingkan Sabtu, 13 April 2024. Hari ini sebanyak 1.138 flight dan 173.846 penumpang memadati bandar udara.





Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya