Tahun Baru, Polda Jabar Akan Terapkan Ganjil Genap di Lima Wilayah

Kendaraan di Jalan Raya Puncak, Bogor, Jabar terpantau padat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Muhammad AR (Bogor)

VIVA – Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) akan memberlakukan ganjil genap (gage) di lima wilayah yakni Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Cianjur. Hal itu untuk mengantisipasi tingginya aktivitas masyarakat pada saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

8.725 Pemudik Langgar Ganjil Genap Selama Mudik Lebaran 2024, Dikenai Sanksi Tilang

Ganjil genap dinilai efektif menekan mobilitas dan kerumunan warga. "Dalam pengamanan perayaan tahun baru karena sebagian masyarakat kita merayakan natal dan tahun baru, beberapa pola pengamanan akan dilakukan kepolisian. Walau level kita ditetapkan level 1, namun kita tetap ingin mencegah kerumunan berlebihan agar tidak terjadi penyebaran Covid lebih luas," kata Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana kepada wartawan saat meninjau Polresta Bogor Kota, Rabu, 15 Desember 2021. 

Kendaraan di Jalan Raya Puncak, Bogor, Jabar terpantau padat.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Muhammad AR (Bogor)
Terkuak! Pengemudi Fortuner Arogan Pakai Pelat TNI Palsu untuk Hindari Gage

Suntana mengatakan, antisipasi tersebut kepolisian membentuk pos pelayanan dan pos pengamanan dan menerapkan ganjil genap. Pos tersebut menjadi titik pemeriksaan laju lintasan masyarakat yang lalu lalang dari satu tempat ke tempat lain. 

"Gage akan ditentukan oleh tingkat pusat. Kalau pusat mengatakan gage kita semua (wilayah Polda) gage. Dirijennya dari pusat di Korlantas Polri. Konsepnya sudah ada. Ini tujuannya untuk membatasi penyebaran Covid ke beberapa wilayah," ujarnya.

10 Jam Berlakukan One Way Jalur Puncak, Polisi Klaim Kendaraan Arah Jakarta Ramai Lancar

Kapolda mengajak masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes) menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Prokes dapat mencegah penularan COVID-19.

Aturan Ganjil-Genap Jalan Tol

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

Polisi mencatat jumlah pelanggar aturan ganjil genap (gage) selama mudik lebaran cukup tinggi dan telah dikenai tilang elektronik. Bagi Anda yang kena, segera mengurusnya

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024