Apresiasi Penanganan COVID di Krukut Jakbar, Ini Pesan Kapolda Metro

Kapolda Metro Irjen Fadil Imran datangi Krukut, Jakarta Barat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

VIVA – Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengunjungi kondisi warga RW 02, Kelurahan Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat pada Jumat, 14 Januari 2022. Wilayah RW 02 Krukut diberlakukan karantina mikro atau micro lockdown untuk mencegah penularan COVID-19.

Kisah Haru di Balik Suksesnya Konten Viral Emak-emak Ala Agung Karmalogy

Fadil mengapresiasi respons cepat jajaran Pemerintah Kota atau Pemkot Jakarta Barat (Jakbar) yang responsif dalam penanganan kasus COVID-19 di RW 02, Krukut Tamansari, Jakbar. Menurutnya, memang perlu gerak cepat untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

"Saya mengapresiasi 3 pilar Kecamatan Tamansari. Kemudian, lurah dan babinsa dan babin kamtibmas. Puskesmas Kecamatan Tamansari yang begitu luar biasa melakukan langkah-langkah untuk memutus mata rantai," kata Fadil.

Singapura Alami Lonjakan Kasus COVID-19, Capai 25 Ribu dalam Sepekan

Fadil menerima laporan masih ada beberapa RT yang bagian RW 02 tengah lockdown karena sejumlah warga terdeteksi positif COVID-19. Ia menyebut cara yang menutup akses pintu-keluar area RW 02 sudah benar. Penutupan ini termasuk Pasar Krukut yang juga ditutup untuk mengurangi sementara mobilitas warga.

"Sekali lagi saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Pak Wali Kota Jakarta Barat, Pak Dandim, Pak Kapolres, Pak Camat, Danramil, Kapolsek, Pak Lurah, dan Kepala Puskesmas, hingga RW dan RT yang telah menjadi komponen utama dalam bekerja membantu warga yang terdampak," jelas eks Kapolda Jawa Timur itu. 

Taiwan Siap Berbagi Pengalaman Pelayanan Medis dengan Indonesia

Warga beraktivitas di Krukut, Tamansari, Jakbar yang diblokade karena karantina.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.

Pun, ia menyampaikan pesan agar sosialisasi jangan abai dan tetap menjalankan protokol kesekatan atau prokes. Prokes dengan melakukan testing, tracing dan treatment (3T) mesti terus digencarkan.

"3T testing, tracing dan treatment sangat penting. Saya kira ini menjadi kunci agar kasus COVID bisa segera ditekan," tutur Fadil.

Fadil menyebut wilayah Krukut juga jadi percontohan wilayah lain di Ibu Kota karena pentingnya mematuhi prokes. Menurutnya, kejadian di Krukut sebagai warning.

"Ini warning ke warga DKI lain. RT/RW basis komunitas saling mengingatkan sosialisasi dan saling tolong menolong untuk mutus mata rantai," ujar Fadil.

Tercatat sejauh ini 67 warga Krukut yang terkonfirmasi positif COVID-19. 45 orang di antaranya jalani perawatan di RS Wisma Atlet, Jakarta.

Adapun pemberlakuan micro lockdown diterapkan sejak Kamis 6 Januari 2022. Namun, karena jumlah warga yang terjangkit COVID-19 bertambah, skala micro lockdown pun diperluas di RW 02.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya