Kapolda Metro Jaya: 18 Juta Warga Jakarta Akan Mudik Lebaran Tahun Ini

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.
Sumber :
  • VIVA/Foe Peace Simbolon

VIVA – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memprediksi sebanyak 18 juta warga di Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya akan pulang mudik lebaran tahun 2022. Berdasarkan data prediksi mudik Ditlantas Polda Metro Jaya, banyaknya warga yang akan mudik tahun ini imbas tertahan dua tahun tak bisa mudik akibat pandemi.

Gara-gara Tiket Pesawat Mahal, 20% Pekerja di IKN Belum Balik Usai Mudik Lebaran

"Orang Jakarta yang mau mudik ke Jawa pasti 18 juta warga Jakarta yang akan mudik menurut Pak Sambodo (Dirlantas Polda Metro Jaya) ini," kata Irjen Fadil Dalam keterangannya di Mapolda Metro Jaya, Kamis 31 Maret 2022.

Sementara untuk prediksi total keseluruhan, Irjen Fadil mengatakan ada sekitar 70 juta masyarakat Indonesia yang akan melaksanakan mudik ke berbagai daerah pada libur lebaran tahun ini.

Publik Puas dengan Pelaksanaan Mudik, Kompolnas: Bukti Semangat Polisi Melayani Masyarakat

"Karena diduga dihitung ada sekitar 70-an juta masyarakat yang akan melakukan mudik tahun ini dan dia (warga) melintas Jakarta pasti. Lalu pasti banyak orang Jakarta, orang Bandung, orang Sumatera mau ke Jawa lewat Jakarta," ujarnya.

Mantan Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri ini menegaskan ke jajarannya untuk melakukan peningkatan pengamanan mudik tahun ini. Apalagi, pemerintah sudah mengizinkan warga untuk mudik di tengah PPKM level 2.

Survei Indikator : Peran Polantas dan Informasi Publik Beri Kepuasan Mudik

"Kesiapan kita menghadapi arus mudik dan arus balik tiga tahun ke belakang menjadi pelajaran berharga untuk kita, khususnya polres-polres yang dilalui menuju ke Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Khususnya Polres Jaktim, Bekasi Kota, Bekasi Kabupaten, jangan kita terkaget-kaget, jangan kita terkesan tidak siap. Jangan kita terkesan ala kadarnya," tegasnya.

Untuk memastikan pengamanan para pemudik, Fadil menambahkan pihaknya akan mendirikan posko pengamanan di sejumlah titik lokasi. Seluruh anggota Polri yang ada di posko maupun kewilayahan wajib menjadi pelayan masyarakat dengan menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi warga yang akan bepergian mudik.

"Masyarakat harus kita buat betul-betul nyaman, senyaman-nyamannya. Posko untuk melaksanakan vaksinasi, posko untuk cek kesehatan, posko sekedar relaksasi, bahkan mungkin SPBU mini kita bisa siapkan di titik-titik ini. Saya tidak ingin hanya ada di Kedungwaringin," imbuhnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya