Wagub Riza Minta Jajarannya Waspadai Hepatitis Akut di Jakarta

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meminta kepada jajarannya untuk mewaspadai penyakit hepatitis akut yang terjadi di Ibu Kota. 

4 Penyakit Liver yang Sering Diabaikan, yang Terakhir Perlu Jadi Perhatian

"Jadi itu sudah kami minta kepada Dinkes, untuk lebih hati-hati dan lebih memperhatikan apa yang sebenarnya terjadi," katanya di Jakarta, Selasa, 10 Mei 2022. 

Soal informasi adanya penyakit hepatitis di Jakarta yang menimbulkan korban, ia masih menunggu penjelasan dari pihak Dinas Kesehatan DKI Jakarta. 

Ahli Ingatkan Fatty Liver Bisa Sebabkan Hepatitis, Pengerasan Hati bahkan Kanker

"Masih dalam proses dan kita tunggu hasilnya, apakah betul dugaan hepatitis akut, atau ada penyebab lain kematian anak," katanya. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

Photo :
  • ANTARA/Ricky Prayoga
Angka Penyakit Hati Meningkat, Temulawak Bisa Perbaiki Hingga Cegah Kerusakannya

Sejauh ini, kata dia, Jakarta termasuk kota yang baik dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakatnya. Baik dari fasilitas sarana prasarana, SDM, dan dokter. 

"Tentu kita berharap tidak ada masalah yang mendasar, yang terjadi yang menjadi penyebab kematian seorang maupun bayi, yang disebabkan oleh hal-hal yang sesungguhnya tidak perlu terjadi. Dinkes sedang mengecek kembali apa yang menjadi penyebabnya," katanya.

Dikabarkan sebelumnya, hepatitis akut misterius diduga kuat menjadi penyebab kematian pada tiga anak di Indonesia. Ketiganya dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta sebelum meninggal dunia, dalam kurun waktu yang berbeda dalam rentang dua minggu terakhir hingga 30 April 2022. 

Ketiga pasien ini merupakan rujukan dari rumah sakit yang berada di Jakarta Timur dan Jakarta Barat. Gejala yang ditemukan pada pasien-pasien ini adalah mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang dan penurunan kesadaran. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya