Curhat Calon Bintara Gagal Pendidikan, Polda Metro: Buta Warna Parsial

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Endra Zulpan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Seorang pemuda bernama Fahri Fadilah Nur Rizki (21) membuat heboh warganet setelah videonya viral di sosial media karena ia lulus tes calon Bintara Polri 2021 tapi tidak berangkat pendidikan. Polda Metro beri penjelasan. 

Geber-geber RX-King di Jalan, Pemotor Viral Ini Berakhir Sesuai Harapan Netizen

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, pemuda tersebut tak pernah lulus, karena memiliki masalah kesehatan yaitu buta warna parsial.

Pemuda yang Digagalkan Seleksi Bintara Polri

Photo :
  • Tangkapan Layar
Tingkatkan Pendidikan Komunikasi, Atma Jaya Gandeng Perhumas

"Calon siswa sudah mendaftar di Polda Metro Jaya sebanyak tiga kali dan gagal karena didiagnosa buta warna parsial," kata Zulpan dalam keterangannya, Senin 30 Mei 2022. 

Selanjutnya, pemuda ini menjalani pemeriksaan di rumah sakit Polri Kramat Jati dan di saksikan oleh Kabid Dokter Kesehatan, Kabid Propam dan Biro SDM Polda Metro Jaya.

Viral Emak-emak di Makassar Tampar Lalu Cakar Leher Anggota Polisi

Kemudian orang tua pemuda kelahiran 2001 tersebut juga ikut menyaksikan tes kesehatan mata. Pemeriksaan di RS Polri ini dilakukan oleh dokter spesialis mata dan hasilnya tetap dinyatakan buta parsial.

"Itulah yang membuat yang bersangkutan tak dapat mengikuti pendidikan, karena ini syarat mutlak untuk menjadi anggota Polri," ujar Zulpan. 

Viral

Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan video unggahan seorang calon bintara yang telah lulus mengikuti tes, namun merasa digagalkan.

Fahri mengaku menduduki peringkat ke-35 dari 1.200 calon siswa yang akan berangkat pendidikan.

Ketika mendekati waktu keberangkatan, siswa tersebut mendapat kejutan karena nomor peringkatnya diganti nama orang lain.

Fahri Fadilah sempat dinyatakan lulus untuk mengikuti pendidikan gelombang pertama tahun 2021. Namun sebelum berangkat pendidikan di Lido, Sukabumi, Jawa Barat ia harus mengikuti supervisi.

Zulpan menambahkan, dalam supervisi ini calon siswa itu dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk mengikuti pendidikan Bintara Polri.

"Dengan temuan buta warna parsial, dari temuan supervisi itu kami tindak lanjuti dan pendalaman," tutur Zulpan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya