Anies Klaim Pengunjung Tebet Eco Park Pernah Capai 60 Ribu Sehari

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, kunjungi Gedung Bharata Purwa di Senen.
Sumber :
  • VIVA/ Rahmat Fatahillah Ilham.

VIVA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan mengatakan, sejak Tebet Eco Park, Jakarta Selatan dibuka banyak warga Jakarta maupun luar Jakarta datang menikmati lokasi itu. 

Firasat Murid SMK Depok Sebelum Kecelakaan di Ciater, Sopir Bus Ungkap Detik-detik Tragedi Maut

"Berbagai segmen usia dan ekonomi bergantian menjelajah taman dan memanfaatkan berbagai fiturnya," kata Anies dalam akum Instagramnya @aniesbaswedan di Jakarta, Kamis, 16 Juni 2022. 

Tentu, Pemprov DKI senang melihat antusiasme warga dalam memanfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Namun , jumlah warga yang datang ke Tebet Eco Park sedemikian tinggi hingga taman dan wilayah sekitarnya menjadi amat padat. 

Politikus PDIP Sebut Ahok dan Anies Berasal dari Akar Rumput Berbeda

"Taman yang dirancang berkapasitas 8-10 ribu, pernah kedatangan 60 ribu warga dalam satu hari di akhir pekan," katanya. 

Tebet Ecopark.

Photo :
  • Instagram @tamanhutandki
Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

Dengan membeludaknya jumlah pengunjung, maka kesempatan menikmati taman menjadi sangat berkurang karena kepadatan yang ekstrem. 

Tebet Eco Park dibangun untuk warga menikmati suasana taman dan hutan kota, mendapatkan wawasan lingkungan hidup yang asri dan lestari. Tujuan ini sulit tercapai bila kepadatan begitu esktrem yang membuat suasana taman lebih menyerupai festival daripada taman kota. 

"Maka, kami harus menata ulang pengelolaan Tebet Eco Park . Untuk sementara, Tebet Eco Park ditutup sampai akhir Juni untuk melakukan pembenahan fasilitas," katanya. 

Ia menuturkan, wilayah sekitar Tebet Eco Park akan dijadikan zona emisi rendah, di mana pada akhir pekan seluruh kendaraan bermotor dibatasi masuk kecuali bagi penghuni. 

"Jumlah pengunjung utamanya di akhir pekan akan dibatasi sesuai kapasitas taman. Ketertiban dan kebersihan lingkungan akan dijaga secara ketat," katanya. 

Untuk itu, ia mengajak juga kepada seluruh warga untuk menikmati lebih dari 100 taman lain di Jakarta yang telah diperbarui dan dibuka, serta tidak kalah menyenangkan dibanding Tebet Eco Park. Ruang- ruang publik lain, seperti lapangan Monumen Nasional, juga akan dibuka seiring PPKM level 1 di Jakarta.

"Ada begitu banyak ruang publik dan ruang terbuka hijau yang bisa dijelajahi dan dinikmati warga Jakarta, dan semuanya kini telah dibuka. Selamat menjelajahi dan menikmati taman-taman di ibu kota," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya