Hewan Kurban Serobot Trotoar, Pemkot Jakarta Pusat Ambil Tindakan

Pedagang hewan kurban gunakan fasilitas trotoar
Pedagang hewan kurban gunakan fasilitas trotoar
Sumber :
  • Yeni Lestari

VIVA – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat berencana untuk menyiapkan lahan baru bagi para pedagang hewan kurban. Sebelumnya, para pedagang ini menjual hewan kurban di sepanjang jalan trotoar di Jalan Kramat Jaya Baru, Johar Baru, Jakarta Pusat.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting menyatakan pihaknya tengah berkomunikasi dengan pemilik lahan kosong di Johar Baru untuk dijadikan tempat baru penjualan hewan kurban.

"Iya, ini kita sedang usahakan tanah yang ada di situ, yang memungkinkan. Memang, tempat di Johar Baru agak sempit, tapi kita komunikasikan tanah pribadi orang untuk bisa ditempatkan ya paling enggak seminggu," ujar Ginting saat dikonfirmasi wartawan, Kamis, 30 Juni 2022.

Relokasi ini kata Ginting dilakukan agar tidak mengganggu kegiatan masyarakat khususnya di tiap fasilitas umum dan sosial di Jakarta Pusat. Selain itu, penjualan hewan kurban di trotoar ini merupakan pelanggaran.

"Kan memang enggak boleh (berjualan di trotoar, tapi supaya trotoar ini tidak ditempati ya kita fasilitasi untuk bisa digunakan di tanah kosong," sambungnya.

Ginting belum bisa memastikan kapan relokasi pedagang hewan kurban di trotoar ini akan berlangsung. Ia berharap, komunikasi antara Camat dengan pemilik tanah kosong di Johar Baru bisa berjalan dengan baik sehingga rencana relokasi segera dilakukan.

"Kita coba dulu ya, ini masih ada komunikasi ke pemilik tanah kosong, orangnya ditemuin mudah-mudahan bisa kerja sama untuk pemindahan tanah sementara," jelas Ginting.