Imigrasi Luncurkan Eazy Paspor, Permudah Penghuni Apartemen

Program Eazy Parpor Dari Kantor Imigrasi
Sumber :
  • VIVA/ Foe Peace Simbolon

VIVA Metro – Pengurusan paspor bagi penghuni apartemen kini jadi lebih muda. Masyarakat tidak dibuat susah lagi untuk mengurus paspor dengan mendatangi Keimigrasian. Termasuk yang tinggal di apartemen.

Delegasi World Water Forum Ke-10 Mulai Tiba di Bali, Imigrasi Lakukan Pemisahan Jalur

Kantor Imigrasi Jakarta Pusat menghadirkan layanan Eazy Passport, di area Balai Warga Apartemen Gading Mediterania Residences atau GMR. 

Kepala Subseksi Verifikasi dan Adjudikasi Dokumen Perjalanan, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Jakarta Pusat, Miftahuddin menjelaskan, Eazy Passport adalah salah satu inovasi unggulan dari Direktorat Jenderal Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM. Layanan keimigrasian ini agar lebih dekat serta mudah kepada masyarakat, termasuk bagi warga yang tinggal di apartemen.

Dua Kali Kawin di Indonesia, WNA Asal India Dideportasi Lantaran Overstay 117 Hari

"Langkah pengelola yang telah menyikapi dan mengambil kesempatan untuk mengundang Kantor Imigrasi ke apartemen patut diapresiasi. Kami berharap kegiatan ini terus berjalan. Semakin banyak semakin baik. Kerja sama kedua belah pihak sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat ini menjadi dukungan terhadap program pemerintah terutama dalam mencegah penyebaran COVID-19," kata dia kepada wartawan, Jumat 8 Juli 2022.

Terkait prosesnya, Miftahuddin menjelaskan, pengerjaan paspor biasanya dapat selesai maksimal selama empat hari kerja setelah pemohon melakukan pembayaran. Nantinya pengelola bakal mengumpulkan bukti bayar dari para pemohon dan mengambil secara kolektif, sehingga warga tidak perlu lagi datang ke Kantor Imigrasi Jakarta Pusat.

Usai Mendarat di Bandara Madinah, Ini Alur Kedatangan yang Dilakukan Jemaah Haji

Dia menungkap, pelayanan Eazy Passport biasanya menyasar 50 hingga 150 pemohon perhari dalam satu tempat. Tapi, karena antusiasme yang luar biasa dari warga sehingga jumlahnya melebih target awal. Maka dari itu, lanjut dia, pihaknya membuka kesempatan kepada pengelola untuk dapat kembali bekerja sama di masa mendatang.

Sementara itu, Apartment Manager GMR, Iriene Yonita Putri menambahkan, kegiatan ini merupakan wujud sinergi antara badan pengelola, P3SRS, dan keimigrasian yang bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi penghuni apartemen yang hendak mengajukan permohonan pembuatan ataupun pembaruan paspor selama masa pandemi.

Kata Irene, dalam situasi keterbatasan saat ini dimana banyak masyarakat ragu untuk keluar rumah dan mendatangi tempat berkerumun, pihaknya pun mengucapkan terima kasih kepada Kantor Imigrasi Jakarta Pusat yang telah merespons dengan baik inisiasi dari pengelola untuk memenuhi kebutuhan penghuni untuk pengurusan paspor. 

“Ini adalah kali kedua layanan Eazy Passport hadir di Apartemen GMR dan selalu mendapat sambutan positif dari penghuni. Kali ini saja jumlahnya sudah memenuhi kuota maksimal yaitu 150 pemohon dalam sehari. Dengan program jemput bola dari Kantor Imigrasi Jakarta Pusat tentunya sangat membantu penghuni dalam mendapatkan paspor dengan proses yang lebih mudah, irit, dan hemat waktu,” ujar Irene menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya