Tanggul Jebol di Kabupaten Tangerang, Puluhan Rumah Terendam Banjir

Tanggul Jebol di Kabupaten Tangerang.
Sumber :
  • Sherly/VIVA.

VIVA Metro – Sebanyak 40 rumah di Desa Gelam Jaya, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, terendam banjir dengan ketinggian 1,5 meter usai tanggul yang berada di kawasan setempat jebol, Sabtu, 12 November 2022.

Rampung Lebih Cepat, Gedung DPRD Gunungkidul yang Habiskan Rp36 M Bisa Dipakai Bulan Juli

Jebolnya tanggul yang menahan luapan air di danau Gelam Jaya itu terjadi akibat tidak mampu menahan volume dan deras air, akibat hujan yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Tangerang sejak siang tadi.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Tangerang, Abdul Munir mengatakan, atas kejadian itu  petugas pun langsung disiagakan di lokasi untuk mengantisipasi naiknya volume banjir yang merendam kediaman warga.

Hari Ketiga Pascagempa Garut, BNPB Catat 267 Rumah Rusak

"Petugas dan perahu sudah kita siagakan untuk antisipasi air kembali naik, dan langsung kita lakukan evakuasi," katanya.

Tanggul Sungai Citarum jebol.

Photo :
  • VIVAnews/ Dani.
BPBD DKI Ungkap 3 Sumber Ancaman Gempa di Jakarta

Petugas pun kini tengah melakukan patroli untuk mengecek kondisi warga yang rumah yang terendam air. Dim ana, sampai saat ini, mereka masih memilih untuk bertahan di lantai dua.

"Sementara ini, warga masih bertahan di rumah masing-masing," ujarnya.

Banjir ini juta tidak hanya terjadi di kawasan Pasar Kemis saja, tapi juga terjadi di Kelurahan Bencongan, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Di mana ada tiga RW di Kelurahan Bencongan, yakni RW 31, RW 20 dan RW 30. Dengan ratusan rumah yang terendam banjir.

Tanggul Jebol Kebon Baru Terendam

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

"Banjir di kelapa dua juga ada dengan ketinggian mulai 50 sentimeter hingga 1 meter. Itu disebabkan oleh luapan air Kali Sabi. Dan kini tim juga sedang memantau lokasi," ungkapnya.

Sementara sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang mencatat, sekitar 12 kecamatan di wilayahnya kerap dilanda banjir terutama saat musim hujan akhir tahun 2022 ini. Banjir itu terjadi di Kecamatan Kelapa Dua, Pasar Kemis, Tigaraksa, Cikupa, Teluknaga, Pakuhaji, Kronjo, Kresek, Gunung Kaler, Mekar Baru, Jayanti dan Balaraja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya