Hewan Dilarang Dibawa di Car Free Day tapi Disiapkan Tempat Khusus

Car Free Day di Jalan protokol Jakarta.
Car Free Day di Jalan protokol Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA Metro – Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, bahwa aktivitas hewan jenis apapun tidak termasuk sebagai kegiatan yang dapat dilakukan di lokasi car free day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB).

“Sesuai Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) Pasal 7 ayat (1), telah diatur bahwa jalur HBKB hanya dapat dimanfaatkan untuk kegiatan yang bertema lingkungan hidup, olahraga dan seni dan budaya,” jelas Syafrin, dalam keterangannya pada Senin 14 November 2022.

Sebagai gantinya, Dishub DKI telah menyiapkan tempat khusus bagi pecinta hewan, agar bisa melakukan aktivitas bersama hewan peliharaannya di lokasi CFD.

“Aktifitas hewan (bersama pemiliknya) dipersilahkan/dapat dilakukan di Jalan Terowongan Semanggi (Sisi Timur dan Sisi Barat) dan jalan akses di sekitar Simpang Semanggi, serta Taman-Taman Ruang Terbuka Hijau yang telah banyak tersedia di 5 (lima) wilayah Kota Administrasi,” jelasnya.

Adapun taman-taman ruang terbuka hijau di 5 wilayah kota administrasi yang diperbolehkan untuk aktivitas hewan peliharaan sebagai berikut:

Jakarta Pusat: Taman Lapangan Banteng, Taman Menteng, Taman Situ Lembang, Taman Suropati, Taman Sumenep Promenade, Taman Setara Tanamur dan Taman FO Slipi Skatepark.

Jakarta Selatan: Taman Margasatwa Ragunan, Taman Mataram, Taman Langsat, Taman Puring, Taman Ayodia, Taman Bumi Perkemahan Ragunan, Taman Papyrus, Taman Bhineka, Taman Kebagusan, Taman Gandaria Tengah V, Taman Mataram Timur, Taman Sriwijaya, Taman Tabebuya, Taman Swadarma, Taman Spatodea Jagakarsa, Taman Lebak Bulus, Taman Dadap Marah, Hutan Kota Sangga Buana.

Halaman Selanjutnya
img_title