PDIP Sindir Anies soal Sodetan Ciliwung: Heru Budi 2 Bulan Sudah Dieksekusi

Ketua Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono
Sumber :
  • VIVA/Rizki Riyan

VIVA Metro – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono memberikan apresiasi terhadap kinerja Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang dalam dua bulan kepemimpinannya dinilai sudah memberikan dampak perubahan. 

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Salah satu dampak perubahan yang dinilai Gembong yakni proyek pengerjaan sodetan kali Ciliwung. Gembong menilai selama dua bulan Heru menjabat, proyek tersebut sudah ada progresnya. Hal itu berbanding terbalik dengan lima tahun kepemimpinan Anies Baswedan.

"Tentunya yang selama lima tahun tidak dieksekusi, kita mendorong kepada Pj Gubernur untuk fokus normalisasi. Tahapan normalisasi alhamdulillah, dalam waktu dua bulan beliau pimpin Jakarta, alhamdulillah sudah keliatan eksekusinya," kata Gembong kepada wartawan di DPRD DKI Jakarta, Rabu 28 Desember 2022.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

"Artinya ada keberanian Pak Pj untuk melakukan eksekusi terhadap pembangunan sodetan kali Ciliwung ke BKT," sambung dia.

Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali
Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Kendati begitu, Gembong mengatakan pemberian apresiasi tidak diberikan secara 100 persen. Politikus PDIP itu meminta Pj Gubernur Heru Budi bisa mengerahkan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menyelesaikan proyek sodetan ini.

"Itu sodetan BKT masih kosong, belum terisi air. Sayang begitu lebar, tapi belum terisi air. Kenapa? Karena memang belum tersambung antara Ciliwung dengan BKT,” ujar dia.

Lebih lanjut, Gembong berharap proyek sodetan Ciliwung yang dikerjakan Pemprov DKI bersama Kementerian PUPR itu bisa terealisasi di tahun 2023 mendatang.

"Mungkin diperkirakan selambat-lambatnya pertengahan tahun 2023 ini akan sudah konek. Artinya, kemajuan luar biasa. Selama lima tahun kita tunggu-tunggu, semoga bisa kita rasakan manfaatnya," pungkas dia.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku sudah menjalin komunikasi dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto terkait pembebasan dan percepatan normalisasi sungai Ciliwung.

"Kemarin kan saya sudah jelaskan nanti melalui Pak Menteri ATR kemarin saya sudah bertemu beliau, nanti akan dipercepat oleh Kanwil dan peta bidangnya mungkin secara keseluruhan akan dikeluarkan," kata Heru di Jakarta, Minggu 13 November 2022.

Heru menambahkan bahwa pihaknya sudah melakukan pendataan terhadap Kepala Keluarga (KK) yang terdampak dari adanya normalisasi. Selain itu, kata dia, saat ini masih ada lahan yang belum dibebaskan.

"Kan kemarin-kemarin juga udah mulai didata, saya tinggal ninjau spot-spot yang belum terdata," ucapnya.

"Masih banyak tapi minimal-minimal tikungan-tikungan untuk tinggal dikit bisa nanti masuk segera proyek dari Kementerian PUPR," sambungnya.

Lebih lanjut, Kepala Sekretariat Presiden itu menyebutkan nantinya akan ada sosialisasi Kementerian Balai Ciliwung dengan PU terkait kompensasi untuk warga.

"Kan nanti ada sosialisasi, buktinya sudah ada yang dibayar juga. Saya lihat ada peta yang hijau itu sudah banyak, peta yang bidang merah-merah itu juga ada sebagian, itu udah jalan ya," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya