Pemprov DKI Akan Sambung 10 Ruas Jalan untuk Urai Kemacetan, Ini Lokasinya

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali

VIVA Metro – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana akan melakukan penyambungan jalan di sejumlah lokasi. Hal itu dilakukan guna mengurai kemacetan di Ibu Kota. 

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menuturkan, sejauh ini pihaknya sudah menginventarisir 10 lokasi jalan yang akan disambung. Empat ruas jalan masih dalam proses pembebasan lahan.

Adapun empat jalan yang masih dalam proses pembebasan lahan, yakni jalan tembus Kelapa Gading Timur-Terminal Pulo Gadung, Jalan Waru, Jalan Seno-Masjid Al Makmur, jalan tembus Bangun Cipta dan jalan akses menuju Rusun Rawa Bebek.

Catat! Ada Pengalihan Arus di Sekitar MK Hari Ini Kalau Gak Mau Macet

Ilustrasi sejumlah kendaraan bermotor yang akan menuju Jakarta terjebak macet.

Photo :
  • ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/aww.

“Sedang proses pembebasan lahan. Kalau sudah bebas, lanjut pembangunan,” kata Hari saat dikonfirmasi awak media, Kamis, 5 Januari 2023.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Hari tak menjelaskan secara rinci terkait kapan proses pengerjaan dari lima ruas jalan tersebut. “Kalau yang sudah siap bisa dikerjakan tahun ini,” ujarnya.

Berikut 10 daftar lokasi pembuatan jalan tembus di Jakarta:

1. Jalan tembus Air Maya, Kebayoran Lama

2. Jalan tembus Penggilingan-Rajiman-Pulo Gadung

3. Jalan tembus Kelapa Gading Timur-Terminal Pulogadung (masuk dalam rencana 2023)

4. Jalan tembus Boulevard-Pegangsaan Dua

5. Jalan tembus Penggilingan Tol Cakung Cilincing Sejajar Tegangan Tinggi

6. Jalan tembus Dr Satrio-Perbanas

7. Jalan Waru (masuk dalam rencana 2023)

8. Jalan Seno - Masjid Al Makmur (masuk dalam rencana 2023)

9. Jalan tembus Bangun Cipta Sarana, Jalan Tembus Rusun Kelapa Gading - Boulevard Kelapa Gading (masuk dalam rencana 2023)

10. Jalan akses menuju Rusun Rawa Bebek (masuk dalam rencana 2023)

Sebelumnya, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menyebutksn akan melakukan penyambungan jalan di sejumlah lokasi. Saat ini sudah ada 10 lokasi yang diinventarisir dilakukan penyambungan jalan.

Ilustrasi macet

Photo :
  • VIVAnews/ Dani (Bekasi)

"Kita mulai dari memang inventarisir (lokasi penyambungan jalan). Mulai dari Pasar Minggu sejajar kereta api, Kemuning, Waru, Kelapa Gading, nanti mungkin yang di mana lagi, Bekasi Raya," kata Hari kepada wartawan, Rabu, 4 Januari 2023.

"Pokoknya yang di situ tetap kami akan dorong untuk bisa mengatasi kemacetan. Ada banyak sih, sekitar 10 lokasi," ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Hari menjelaskan, dalam menjalankan program ini, nantinya akan ada pembebasan lahan di lokasi yang dipilih. Tetapi untuk berapa bidangnya tergantung kebutuhan penyambungan jalan di setiap lokasi.

Dia menyebutkan, program penyambungan jalan di Jakarta dapat mengatasi kemacetan hingga 30 persen.  "Bisa 20-30 persen karena kan jadi lebar, otomatis tidak terjadi penumpukan kendaraan," ujarnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya