Soal Dirut Baru Transjakarta, PSI Sebut Banyak PR yang Harus Diselesaikan

transjakarta
Sumber :
  • ANTARA/Lia Wanadriani Santosa

VIVA Metro – Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta Anggara Wicitra Amidjojo menyebutkan, banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan oleh Kuncoro Wibowo selaku Direktur Utama PT Transjakarta yang baru. 

Hakim MK Tanya ke PDIP Mana Bukti Sehingga Meminta Suara PSI jadi Nol

“Setiap ada pergantian harapannya pasti dapat hasil lebih baik. Banyak pekerjaan rumah menanti yang harapan kami Pak Kuncoro dapat selesaikan dengan serius,” kata Anggara dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 12 Januari 2023.

Pria yang kerap disapa Ara itu menyebutkan, perbaikan yang perlu dilakukan di antaranya keselamatan penumpang serta peningkatan layanan kepada masyarakat.

PDIP Minta MK Ubah Suara PSI dan Demokrat di Papua Tengah jadi 0

Politikus PSI Anggara Wicitra Sastroamidjojo

Photo :
  • Instagram @ara.sastroamidjojo

“Keselamatan masih jadi catatan, di tahun 2021 ada 508 kecelakaan. Sangat tinggi. Artinya rata-rata 43 kasus setiap bulannya. Harus ada pembenahan standar keselamatan penumpang,” ujarnya.

Anwar Usman Digantikan Guntur Hamzah saat Tangani Sengketa Pileg PSI

Selain itu, Ara menilai, terkait pelayanan penumpang harus ditingkatkan seperti penambahan armada agar waktu tunggu lebih pendek. Lebih lanjut, Ara mengharapkan agar direksi yang baru bisa bekerja dengan amanah. Sebab, kata dia, Transjakarta bertugas melakukan pelayanan publik.

“Transjakarta adalah perusahaan berorientasi pada pelayanan. Sumber uangnya dari uang masyarakat baik Penyertaan Modal Daerah (PMD)-nya maupun Public Service Obligation (PSO) yang diberikan setiap tahun,” ujarnya.

Bus Transjakarta

Photo :
  • vivanews/Andry

Sebelumnya, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono kembali merombak jajaran direksi PT Transportasi Jakarta (Transjakarta). Kali ini, Heru Budi menunjuk M Kuncoro Wibowo menjadi Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta menggantikan Mochammad Yana Aditya. 

Dengan diangkatnya Kuncoro Wibowo yang memiliki pengalaman sebagai Managing Director di PT Kereta Api Indonesia (KAI), diharapkan bisa memperkuat sistem internal untuk keamanan hingga keselamatan transportasi.

“Diharapkan mampu mewujudkan PT Transportasi Jakarta menjadi katalis integrasi dan menguatkan sistem internal untuk keamanan, kenyamanan dan keselamatan transportasi publik,” kata Plt Kepala BP BUMD DKI Jakarta Fitria Rahadiani dalam keterangannya, Rabu, 11 Januari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya