Libur Lebaran 2023, Polisi Siap Tutup Lokasi Wisata Bila Pengunjung Membludak

Tempat wisata Ancol ditutup untuk didisinfektan
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Metro - Memasuki H+1 lebaran 2023, sejumlah lokasi wisata diprediksi akan mengalami lonjakan pengunjung. Mengantisipasi lonjakan itu, pemerintah dan pihak kepolisian menyiapkan langkah pengawasan saat masa libur lebaran.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Kapolres Kota Tangerang, Kombes Pol Sigit Dany mengatakan, antisipasi yang dilakukan mulai menyiagakan petugas di lokasi wisata. 

"Memasuki H+1 lebaran ini, lokasi wisata sudah mulai dipadati pengunjung. Beberapa hal kita antisipasi agar tidak membludak, seperti pengawasan. Dan terkait hal ini, Polresta Tangerang menyiagakan 400 personel untuk menjaga atau memonitoring tempat wisata," kata Sigit, Minggu, 23 April 2023. 

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Satgas COVID-19 Bogor menggerebek pasar hingga tempat wisata

Photo :
  • VIVA/Muhammad AR

Dia mengatakan, sebagai langkah pencegahan penumpukan pengunjung, pihaknya juga akan melakukan penutupan lokasi wisata bila kondisi sudah crowded. 

Musim Mudik Lebaran 2024, TPI Imigrasi Soetta Catat Pergerakan Penumpang Naik 10 Persen

"Bila ditemukan lokasi wisata yang sudah melebihi kapasitasnya, maka akan kita tutup atau batasi masuknya pengunjung. Karena kita khawatir adanya gangguan kamtibmas," ujarnya. 

Sementara, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Maesal Rasyid mengatakan, meski status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Covid-19 sudah dicabut, ia meminta agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. 

"Kita sudah koordinasi dengan stakeholder terkait untuk mengawasi dan terus memonitoring lokasi wisata di momentum libur Hari Raya Idul Fitri ini," ujarnya.

"Di mana, diminta skema kapasitas dan alur wisatawan yang datang dan pergi diperhatikan. Saya juga minta protokol kesehatanya jangan ditinggal," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya