H+4 Lebaran, Pengunjung Wisata Ancol Sekitar 53.000 Orang

Fun Dance, Ancol
Sumber :
  • Ancol.com

VIVA Metro – Momen hari raya Lebaran memang waktu yang pas untuk menghabiskan liburan bersama keluarga ke tempat wisata. Pada Hari Raya Idul Fitri tahun 2023, pihak wisata Ancol mengungkap bahwa pengunjung masih membludak setelah H+4 Lebaran.

Baru Kenalan Malam Takbiran, Gadis SMP di Mojokerto Diperkosa

Ariyadi Eko Nugroho, Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol  menjelaskan bahwa wisatawan yang mengunjungi Ancol melebihi rata-rata pengunjung harian pada Rabu, 26 April 2023.

"Pengunjung masih cukup baik dan lebih tinggi dari rata-rata pengunjung weekend biasa. Kemarin pengunjung 53 ribu, sedangkan rata-rata weekend biasa di 30 ribu," kata Eko dalam keterangannya yang diterima VIVA pada Kamis, 27 April 2023.

Pelindo Layani 2,26 Juta Orang Selama Periode Mudik Lebaran 2024

Adapun, wisata yang ramai pengunjung yakni Dunia Fantasi (Dufan). Eko mengaku bahwa semua wahana di Dufan selalu dilakukan pengecekan harian sebelum jam operasional dibuka.

"Tentang wahana Dufan, semua selalu dilakukan cek harian. Jadi sebelum buka operasional, semua akan ditest terlebih dahulu," ujarnya.

Dompet Porak Poranda Pasca Lebaran, Begini Taktik Perbaikinya

Pengecekan dilakukan guna memberikan tingkat keamanan bagi pengunjung yang ingin menikmati semua wahana di Dufan. Eko menambahkan, semua wahana memang melewati pemeliharaan rutin, terlebih di masa liburan saat ini.

"Semua wahana juga sudah melewati masa pemeliharaan rutin lainnya, agar bisa melayani pengunjung di masa liburan seperti ini," jelas dia.

Selain itu, untuk wisata yang paling digemari oleh masyarakat saat berkunjung ke Ancol juga wisata pantai. Para pengunjung menghabiskan waktu liburan mereka untuk menikmati suasana pantai dengan sanak dan keluarga.

Sebelumnya diberitakan, pihak Ancol sempat menutup penjualan tiket karena pengunjung yang membludak ingin berlibur di Taman Impian Jaya Ancol. Pada hari ketiga libur Lebaran, tingkat kunjungan wisatawan ke Ancol telah mencapai 100.000 pengunjung.

Melihat kondisi di dalam area yang sudah cukup padat, Manajemen Ancol melakukan penutupan penjualan tiket masuk Ancol hari ini untuk sementara waktu. 

"Kami ingin menjaga kenyamanan pengunjung yang sedang menikmati rekreasi di dalam Ancol, untuk itu sementara waktu penjualan tiket kami tutup dulu. Tetapi bagi pengunjung yang sudah memiliki tiket Ancol hari ini, tetap bisa masuk ke Ancol hanya melalui Pintu Carnaval," ucap Eddy Prastiyo, Direktur Operasional PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk.

Penutupan ini bersifat sementara waktu, sambil mengevaluasi kondisi di dalam kawasan. Saat ini, memang kantong parkir di area tengah, barat dan festival sudah penuh sehingga semua pengunjung dengan kendaraan diarahkan melalui Pintu Carnaval.

"Apabila keadaan di dalam sudah mulai terurai Maka penjualan tiket akan kami buka kembali," pungkas Eddy.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya