Jenazah AKBP Buddy Tiba di Manado untuk Dimakamkan Secara Kedinasan

Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Buddy Alfrits Towoliu tewas
Sumber :
  • FB

VIVA Metro – Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulawesi Utara, Komisaris Besar Polisi Iis Kristian mengatakan penjemputan dan penyambutan jenazah AKBP Buddy Alfrits Towoliu langsung dipimpin oleh Kapolresta Manado, Kombes Julianto Sirait pada Minggu, 30 April 2023 sekitar pukul 07.00 WITA.

Wow! Ada Senjata HS Kaliber 9 Mm di Dalam Mobil Polisi yang Tewas di Mampang Jaksel

Setelah itu, jenazah AKBP Buddy langsung dibawa ke Kota Mobago dan bakal dimakamkan Senin besok, 1 Mei 2023. Pemakaman AKBP Buddy juga dilaksanakan secara kedinasan.

"Penjemputan sudah tadi di Bandara ya, kemudian disemayakan di rumah duka sebentar, lalu menuju ke Kota Mobago. Rencana pemakaman besok. Kedinasan, pemakaman secara kedinasan," kata Iis saat dihubungi pada Minggu, 30 April 2023.

Polisi Periksa 13 Saksi Kasus Tewasnya Anggota Polresta Manado di Mampang Jakarta Selatan

Dalam upacara pemakaman kedinasan AKBP Buddy, bakal dipimpin oleh salah satu pejabat utama Polda Sulawesi Utara. Namun, belum diketahui siapa pejabat Polda Sulawesi Utara yang ditunjuk untuk memimpin pemakaman secara kedinasan terhadap AKBP Buddy tersebut.

AKBP Buddy Alfrits Towoliu

Photo :
  • Istimewa
Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

"Kalau informasi awal salah satu PJU Polda yang ditunjuk. Iya (PJU Polda), nanti dari Polda salah satu pejabat Polda yang ditunjuk," tuturnya. 

Diketahui, Kepala Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Timur, AKBP Buddy Alfrits Towoliu ditemukan tewas tertabrak kereta di perlintasan kereta api depan Pasar Enjo, Cipinang, Jakarta Timur. Kejadian itu terjadi pada Sabtu, 29 April 2023.

"Jalur rel kereta api km 12+400 jalir DDT petak jalan Jatinegara Bekasi," ujar Kanit Gakkum Satlantas Jakarta Timur Iptu Darwis pada Sabtu, 26 April 2023.

AKBP Buddy ditemukan tewas dengan kondisi yang mengenaskan pada Sabtu kemarin, sekira pukul 10.15 WIB. Ia ditemukan tewas tertabrak kereta

Bermula saat salah seorang masinis memberikan informasi, bahwa ada seseorang yang tertabrak kereta saat melintas dari Jakarta menuju Tegal.

"Informasi dari masinis kereta api Tegal bahari yang mengarah dari Jakarta menuju Tegal, adanya orang tertabrak kereta api ditujukan ke Pusdalops Pusat dan disampaikan ke Stasiun Jatinegara, diterima oleh saksi Bapak Kurniawan. Kemudian Pak Kurniawan melakukan pengecekan adanya mayat tertabrak kereta ditengah rel, karena kondisi mayat yang sudah terpotong beberapa bagian menghalangi kereta yang akan lewat sehingga mayat dipindahkan di pinggir lokasi aman," kata dia.

Sejumlah barang bukti berupa handphone, uang tunai hingga jam tangan sudah diamankan yang diduga milik AKBP Buddy. "Membawa korban ke RSCM. Melakukan cek dan Olah TKP," ucapnya.

Sementara Polda Metro Jaya menduga tewasnya AKBP Buddy Alfrits Towoliu karena bunuh diri tertabrak kereta di perlintasan kereta api, depan Pasar Enjo, Cipinang, Jakarta Timur, Sabtu pagi, 29 April 2023.

"Untuk sementara hari ini dari langkah-langkah yang kita lakukan ini patut diduga bunuh diri. Sementara ini dalam proses penyeledikan ini," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Sabtu 29 April 2023. 

Trunoyudo masih akan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi yang berada di lokasi untuk menggali informasi kematian Buddy. Kata dia, ada satu masinis yang akan diperiksa sebagai saksi.

"Sejauh ini ada satu saksi dari pihak masinis dalam hal ini, ini akan dilakukan proses pengambilan keterangan," kata dia.

AKBP Buddy sebelum tewas diketahui tengah menderita sakit empedu. Kata Trunoyudo, AKBP Buddy juga kerap berobat hingga mendapatkan perawatan medis dari rumah sakit atas penyakit yang di deritanya.

"Jauh sebelumnya kejadian ini yang bersangkutan ini sakit, berobat, berobat, kemudian menjalani beberapa medis yang tentunya juga bahan untuk proses penyelidikan, yang sakit nya adalah di empedu," kata Trunoyudo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya