Peringati May Day, Ribuan Buruh Sudah Padati Patung Kuda Jakpus

Ribuan buruh peringati May Day
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

VIVA Metro – Ribuan buruh yang tergabung dalam serikat buruh saat ini sudah memadati kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Sejumlah buruh itu akan melakukan aksi demonstrasi sebagai bentuk peringati Hari Buruh Nasional.

Tidak Dapat Temui Pj Bupati, Aksi Unras Mahasiswa Tangerang Berujung Rusuh

Berdasarkan pantauan VIVA di Patung Kuda, saat ini ribuan buruh itu pun sudah berkumpul di Patung Kuda, Jakarta Pusat. Mereka pun tergabung dalam Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (KSPN).

Mereka pun datang dengan mengenakan pakaian atas berwarna merah dipadukan dengan kaos lengan panjang berwarna navy. Mereka juga ada yang mengenakan pakaian serba putih di barisan belakang massa.

Kasus Pemalsuan Merek Dagang Masih Marak Hingga Berimbas kepada Buruh

Mereka memulai aksi dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin dari mobil komando.

Serikat Pekerja Sebut Banyak Dosen Digaji di Bawah UMR 

"Mari kita mulai dengan menyanyikan Indonesia Raya dengan menghadap mobil komando," ujar orator buruh, Senin 1 Mei 2023.

Buruh itupun tampak di barisan depan dipimpin oleh sejumlah perempuan.

Sebelumnya, Presiden Partai Buruh Said Iqbal memastikan partainya dan sejumlah organisasi buruh bakal menggelar aksi May Day pada Senin, 1 Mei 2023, di kawasan dekat Istana Presiden dan Istora Senayan. Aksi itu untuk peringati Hari Buruh internasional. 

Iqbal memperkirakan, kegiatan pihaknya akan diikuti hingga 100 ribu orang. Ia bilang kemungkinan aksi nanti dihadiri kandidat calon presiden (capres) 2024 dari Partai Buruh.

“Kami merencanakan 100.000 orang, terkonfirmasi sampai dengan pagi ini, terkonfirmasi hampir 50.000 lebih yang akan mengikuti acara aksi May Day. Saat ini agak sulit untuk mengajak lebih ramai lagi, karena rata-rata para buruh akan kembali bekerja masuk pada 2 Mei 2023,” kata Said Iqbal dalam konferensi pers secara virtual, Sabtu, 29 April 2023.

Dia mengatakan, aksi May Day tersebut akan dimulai sejak pukul 09.30 WIB hingga 12.30 WIB. Menurut dia, aksi itu diawali di depan Istana Negara dan Gedung Mahkamah Konstitusi.

Menurut Iqbal, setelah itu, peserta aksi akan bergerak menggunakan bus dan kendaraan lainnya menuju Istora Senayan.

Dia bilang kegiatan di Senayan digelar mulai pukul 13.00 sampai 17.00 WIB, dengan agenda pidato dan orasi dari para pimpinan serikat buruh.

Said mengatakan, di Istora, kemungkinan akan dihadiri beberapa tokoh bakal capres dari Partai Buruh. Tapi, dia belum bisa memastikan siapa bakal capres yang dimaksudnya secara jelas. 

“Ada kemungkinan juga ucapan Hari Buruh Internasional dari calon presiden yang sudah diputuskan dalam Rakernas Partai Buruh, tetapi ini Rakernas Partai Buruh ya, belum ada keputusan resmi," ujarnya. 

"Ada satu atau dua mungkin yang akan hadir calon presiden yang sudah direkomendasi dalam Rakernas Partai Buruh,” ujarnya. 

Sementara, nama bakal capres yang masuk dalam rekomendasi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Buruh di antaranya yakni Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Berikut tuntutan Buruh saat May Day:

1. Cabut Omnibus Law UU No 6 Tahun 2023 tentang Ciptaker.

2. Cabut parliamentary threshold 4 persen dan presidential threshold 20 persen karena membahayakan demokrasi yang kita kenal.

3. Sahkan RUU DPR dan perlindungan pekerja rumah tangga.

4. Tolak RUU kesehatan

5. Reforma agraria dan kedaulatan pangan. Tolak bank tanah, tolak impor beras kedelai dan lain-lain.

6. Pilih capres yang pro buruh dan kelas pekerja. Partai buruh haram hukumnya berkoalisi dengan parpol yang mengesahkan UU Ciptakerja.

?7. HOSTUM, hapus outscorsing tolak upah murah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya