Margonda Langganan Banjir, Gorong-gorong Depan Ciplaz Depok Banyak Tumpukan Kabel

Genangan air di depan Ciplaz Depok, Jawa Barat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Galih Purnama

Depok - Hujan deras yang melanda Depok kerap menyebabkan Jalan Margonda banjir. Genangan air itu muncul yang salah satunya di depan Ciplaz Ramayana Depok.

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

Pemicu genangan air itu karena diduga saluran air di lokasi tidak berfungsi. Hal itu karena dipenuhi tumpukan kabel sehingga air tidak tertampung dan meluap ke jalan.

Salah seorang warga, Umar, menyampaikan, banjir bukan disebabkan tumpukan sampah dalam gorong-gorong. Namun, karena di dalamnya jadi tempat tumpukan kabel. Kondisi itu membuat air tak dapat masuk ke gorong-gorong saat hujan deras turun.

Pengembang Perumahan di Dubai Beri Perbaikan Rumah Gratis Setelah Banjir Bandang

“Ini nggak seberapa (banjirnya). Karena saluran penuh kabel jadi (air) ngga bisa (ngalir),” kata Umar, Selasa, 6 Juni 2023.

Genangan

Photo :
  • 1486633
Akibat Banjir, Penerbangan Perdana Maskapai Emirates Airbus 380 dengan 592 Penumpang dari Dubai ke Bali Dibatalkan

Dia mengatakan sebelum ada tumpukan kabel, gorong-gorong berfungsi baik. Namun, sejak beberapa tahun lalu saat ada proyek pengerjaan kabel bawah tanah, gorong-gorong jadi kurang berfungsi.

Diduga tumpukan kabel itu jadi biang kerok banjir yang menjadi langganan di lokasi tersebut.

“Tinggian kabel daripada saluran airnya. Saya udah berapa kali bilangin,” tuturnya kesal.

Dia mengaku sudah minta berkali-kali agar fungsi gorong-gorong diperbaiki. Sayangnya sarannya itu tak didengar.

“Kabelnya harus digali lagi atau di atas, angkat aja 50 meter. Salahnya kenapa kabel di gorong-gorong. Tinggian kabel sama air. Kalau hujan selalu begini,” katanya.

Dia pun mengatakan, upaya petugas Dinas PUPR Depok membersihkan gorong-gorong saat banjir menjadi percuma. Sebab, penyebabnya memang bukan karena sumbatan sampah. “Ini diojok-ojok ya percuma. Malah ngerusak. Bukan karena sampah kok,” ujarnya.

Hal itu dibenarkan salah seorang petugas Dinas PUPR Depok, Imran. Dia sudah berupaya mengatasi sumbatan tapi memang bukan karena sampah.

“Ketutup galian kabel tadi kata warga juga. Sampah nggak ada,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya