Heru Budi Tak Jadi Pakai Mobil Dinas Hyundai Ioniq, Ini Alasannya

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat memberikan keterangan pers.
Sumber :
  • ANTARA/Syaiful Hakim

Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mendapat mobil dinas baru jenis Toyota Innova Zenix Hybrid berwarna hitam. Mobil dinas itu berbasis mesin bensin dan motor listrik.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Diketahui, Heru Budi tadinya akan mendapat mobil dinas jenis Hyundai Ioniq. 

Menanggapi batalnya dapat mobil dinas merk Hyundai Ioniq, Heru Budi menyebut bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak memiliki anggaran untuk membeli kendaraan tersebut.

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan

"Ya uangnya tidak ada (untuk pengadaan mobil listrik sebagai kendaraan dinas). Ya kan lebih mahal (harga mobil Ioniq)," ujar Heru Budi kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 28 Juni 2023.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Photo :
  • VIVA/Riyan Rizki Roshali.
40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Sebagai informasi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menganggarkan sekitar Rp 4,7 miliar dari APBD DKI Jakarta untuk membeli kendaraan dinas operasional (KDO) untuk Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

Berdasarkan situs Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRUP) LKPP yang diakses Maret 2023, DKI Jakarta menganggarkan Rp 2,3 miliar atau Rp 2.372.985.092 untuk membeli kendaraan dinas perorangan gubernur jenis Jeep dengan kapasitas maksimal 4.200 cc. Pengadaan ini menggunakan sistem tender.

Pada hari yang sama, Pemprov DKI juga menganggarkan pembelian kendaraan dengan harga dan spesifikasi serupa untuk pengadaan belanja modal kendaraan dinas untuk ketua dewan. 

Namun, terdapat perbedaan dalam pembelian ini, pengadaan untuk ketua dewan menggunakan skema e-purchasing, bukan tender seperti pengadaan untuk mobil Jeep Heru Budi. Jika ditotal, pengadaan mobil keduanya memakan anggaran sekitar Rp 4,7 miliar.

Heru Budi Hartono mengaku tak mengetahui soal rencana penganggaran mobil dinas menggunakan merk Jeep seharga Rp2,3 miliar. Dia mengaku baru mau memeriksa lagi rencana pembelian mobil menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) itu kepada jajarannya.

Menanggapi hal tersebut, Heru Budi mengatakan bahwa dirinya cukup diberikan kendaraan dinas berupa mobil Innova saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya