Badan Kehormatan DPRD DKI Sebut Cinta Mega Tak Bisa Diberi Sanksi Jika Tak Ada yang Lapor

Ilustrasi rapat paripurna DPRD DKI Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah

Jakarta – Anggota Badan Kehormatan (BK) DPRD DKI Jakarta Rasyidi mengaku pihaknya tidak dapat menghukum atau memberi sanksi kepada Cinta Mega yang bermain game pada saat rapat paripurna.

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Rasyidi menyebut, Cinta Mega dapat dijatuhi sanksi, jika ada laporan masuk kepada pihak Badan Kehormatan DPRD DKI secara resmi.

"Badan Kehormatan itu tidak bisa melakukan sesuatu jika tidak ada laporan orang luar atau laporan siapapun dan dia harus resmi ditandatangani. Tidak bisa kita ujug-ujug ditelepon, oh tidak bisa. Itu masalahnya," ujar Rasyidi saat dikonfirmasi, Jumat, 21 Juli 2023.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

Gedung DPRD DKI Jakarta.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Ade Alfath

Rasyidi menambahkan, jika laporan sudah ada maka pihaknya akan mendalami dan melaporkannya kepada ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi. Setelah itu, laporan baru dapat ditindaklanjuti.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

"Ditinjaklanjuti itu selama tujuh hari. Kita panggil mereka, siapa yang melaporkan kita panggil, ada saksi ada tiga, dan yang bersangkutan," katanya.

Adapun sanksi yang dapat dikenakan berupa teguran satu sampai tiga, pindah komisi, hingga Pergantian Antar Waktu (PAW). Namun, hukuman yang dikenakan tergantung hasil pemeriksaan BK.

"Jadi ada beberapa kriteria yang harus kita, oh ini kesalahannya begini, oh itu kesalahannya begini. Badan Kehormatan tidak akan menindaklanjuti jika tidak ada laporan secara resmi," katanya.

Sebelumnya, Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, fraksi PDI Perjuangan, Cinta Mega klarifikasi soal kepergok diduga main game slot saat rapat paripurna di Gedung DPRD DKI pada Kamis, 20 Juli 2023.

Cinta Mega mengaku hanya bosan dan saat menunggu lantaran rapat tersebut berlangsung tidak tepat pada waktu yang ditentukan. Dia juga menegaskan tidak bermain game slot, melainkan bermain game bernama candy crush.

"Tadi kita kan nunggu kelamaan kan, nunggu paripurna. Aku tadi main candy crush, sebelum paripurna. Terus main yang beer house itu, gak ada itu main slot-slot judi," kata Cinta Mega saat dikonfirmasi, Kamis, 20 Juli 2023.

Cinta Mega menegaskan dirinya fokus mendengar rapat paripurna tersebut. Dia juga mengaku lupa untuk menutup game candy crush yang dimainkan sebelumnya. 

"Iya kan sempet molor (rapat paripurna), jam setengah 1 sampe jam 3. Udah gitu aku pas paripurna, lupa matiin gamenya. Aku ada bukti foto-foto kok. Gak main, kan di taruh di meja," katanya.

.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya