Pj Gubernur DKI Imbau Swasta Terapkan WFH saat KTT ASEAN Berlangsung di Jakarta

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat memberikan keterangan pers.
Sumber :
  • ANTARA/Syaiful Hakim

Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengimbau seluruh perusahaan swasta di wilayah pemerintah daerah DKI untuk menerapkan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah selama pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN 2023.

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik

Penerapan kebijakan bekerja dari rumah tersebut menjadi salah satu sumbangsih yang bisa diberikan pihak swasta untuk kelancaran KTT ke-43 ASEAN 2023 di Jakarta.

"Kami menghimbau untuk bisa memberikan sumbangsih kelancaran KTT ASEAN yang akan dilaksanakan 5-7 September 2023," kata Heru Budi dalam diskusi Forum Mereka Barat 9 (FMB9) secara virtual, Selasa, 8 Agustus 2023.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Presiden Jokowi Hadiri HUT ke-56 ASEAN

Photo :
  • Sekretariat Presiden

"Maka pihak-pihak swasta bisa memulai memikirkan misalnya, work from home, dengan kebijakan masing-masing," ujarnya.

Hasto Sebut Banyak Pengurus PDIP Tolak Wacana Pertemuan Megawati dan Jokowi

Mantan wali kota Jakarta Utara itu menegaskan bahwa permintaan bekerja dari rumah kepada pihak swasta itu bersifat imbauan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, kata dia, juga akan segera mengeluarkan surat edaran mengenai imbauan WFH tersebut.

Indonesia menjadi tuan rumah KTT ke-42 dan 43 ASEAN tahun 2023. KTT ke-42 digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pada 9-11 Mei 2023. Sementara KTT ke-43 akan digelar di Jakarta pada September 2023.

Pelaksanaan KTT ke-43 ASEAN di Jakarta tidak hanya diikuti oleh para pemimpin negara anggota organisasi regional tersebut tetapi juga para kepala negara/pemerintahan dari negara-negara mitra ASEAN.

Presiden Jokowi dan Dubes naik MRT menghadiri HUT ke-56 ASEAN

Photo :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Di samping itu, KTT mendatang di antaranya akan membahas perkembangan dan penguatan kerja sama ASEAN dengan para mitra eksternal.

Sebagai tuan rumah, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan pemerintah pusat telah melakukan sejumlah persiapan, termasuk memperbaiki sejumlah ruas jalan di ibu kota dan memastikan kesiapan fasilitas bandara.

Pemprov DKI juga berencana menerapkan kebijakan bekerja dari rumah untuk menyukseskan penyelenggaraan KTT ke-43 ASEAN yang akan dihadiri 26 negara dan organisasi internasional.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan bahwa ASEAN mampu menyelesaikan setiap permasalahan jika ASEAN bersatu, terlebih, saat ini dinamika global masih bergejolak, dan ekonomi belum sepenuhnya pulih. 

ASEAN juga memiliki aset kuat, menurut Jokowi, hal itu ditandai dengan pertumbuhan ekonomi, bonus demografi, dan kepercayaan dunia terhadap ASEAN sebagai kawasan positif. 

"Ini harus kita manfaatkan untuk menjadikan ASEAN sebagai masa depan dunia, dan menjadikan ASEAN sebagai jangkar perdamaian dunia," ujarnya. 

Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga mengibaratkan ASEAN seperti sebuah kapal yang berisi banyak penumpang. Tidak boleh karam, sebab, memiliki tanggung jawab terhadap ratusan juta nyawa manusia. 

"ASEAN sebagai kapal besar harus terus bergerak maju, kapal besar ini harus terus berlayar, kapal besar ini tidak boleh karam, karena ini adalah tanggung jawab kita terhadap ratusan jiwa rakyat yang berada di dalam," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya