Sambut KTT ASEAN 2023, Car Free Day di Sudirman-Thamrin pada 3 September Ditiadakan

Car Free Day di Jalan protokol Jakarta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Jakarta – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan meniadakan car free day (CFD) di kawasan Sudirman-Thamrin pada Minggu, 3 September 2023. 

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik

Hal tersebut dikarenakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sedang melakukan persiapan dalam menyambut tamu delegasi KTT ASEAN 2023 yang digelar pada 5-7 September 2023.

"Oleh sebab itu kami mengimbau masyarakat untuk tidak melaksanakan aktivitas olahraga tanggal 3 September di Jalan Sudirman-Thamrin, kami siapkan berolahraga di taman atau jalan-jalan yang ada di kawasan masing masing," ujar Kepala Dishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo kepada wartawan, dikutip Kamis, 24 Agustus 2023.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Syafrin menjelaskan, ada 29 ruas jalan yang dilakukan rekayasa lalu lintas oleh jajaran Dinas Perhubungan dan Ditlantas Polda Metro Jaya. Sebab, ada enam lokasi yang menjadi tempat delegasi menyelenggarakan kegiatan KTT ASEAN 2023 di Jakarta.

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham
Kembangkan Produk Urea dan Amonia, Pupuk Indonesia Gandeng BUMN Brunei BFI

Adapun kegiatan KTT ASEAN di ST Regis dilaksanakan pada 2-3 September, lalu pada 2-4 September di Sekretariat ASEAN, 5-6 September di JCC, 6 September di Taman Plataran GBK, dan 5-7 September di Hotel Sultan-Istana Negara.

"Kami mengimbau ke masyarakat untuk menghindari area enam lokasi yang tadi saya sebutkan," katanya.

Sebagai informasi, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan Aparatur Sipil Negara (ASN) DKI akan bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) selama KTT ASEAN ke-43 di Jakarta.

"Pada posisi nanti di tanggal 4 sampai tanggal 7 September di sekitar venue-venue Jakarta Selatan, termasuk tempat tinggal, termasuk tempat meeting lain-lain sekitar gambir GBK, sekolah PJJ, dan juga ditingkatkan work from home-nya di lokasi itu menjadi 75 persen," kata Heru Budi dikutip Minggu, 20 Agustus 2023.

Heru Budi menjelaskan, untuk rencana WFH bagi ASN DKI yang dimulai pada tanggal 21 Agustus 2023 akan tetap dilaksanakan dengan skema 50 persen, sementara sisanya akan tetap bekerja seperti biasa.

Tak hanya ASN DKI, kata Heru, di lingkup lembaga dan kementerian pun juga akan diterapkan WFH. Sementara untuk perusahaan swasta, Heru Budi tetap mengimbau kepada perusahaan agar diusahakan menerapkan WFH. 

"Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) juga sudah mengeluarkan petunjuk untuk seluruh kementerian mengenai kebijakan kerja dari rumah mirip seperti yang dilaksanakan Pemerintah DKI," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya