Jalan Gajah Mada-Hayam Wuruk Dialihkan pada 26 Agustus imbas Proyek MRT Fase 2

Suasana di depan PN Jakut, Jalan Gajah Mada, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • Danar Dono - VIVA.co.id

Jakarta - Dinas Perhubungan DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas di Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat, mulai 26 Agustus 2023, karena adanya proyek pengerjaan MRT Fase 2.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Berdasarkan akun instagram resmi @dishubdkijakarta, rekayasa lalu lintas itu akan diberlakukan milai 26 Agustus hingga 30 Desember 2023.

"Sehubungan dengan pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) Fase 2 CP202 di Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat, Dishub DKI Jakarta akan melakukan rekayasa lalu lintas di lokasi tersebut," tulisnya seperti yang dikutip VIVA, Kamis, 24 Agustus 2023.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

MRT Jakarta

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dinas menjelaskan, rekayasa lalu lintas tersebut mulai diberlakukan mulai dari simpang Harmoni hingga simpang Mangga Besar yang terdiri dari 3 Stasiun MRT, yaitu Stasiun MRT Harmoni, Stasiun MRT Sawah Besar dan Stasiun MRT Mangga Besar.

Pemprov DKI Jakarta Dukung Kerja Sama Proyek MRT Berkonsep TOD dengan Jepang

Dnas juga mengimbau agar para pengguna jalan dapat menyesuaikan lalu lintas yang sudah disiapkan serta mematuhi rambu-rambu dan petunjuk petugas di lapangan. 

Berikut pengalihan arus dan rute lalu lintasnya:

 1. Pengalihan arus Harmoni - Mangga Besar pada 26 Agustus - 30 September 2023: 

 - Jalan Gajah Mada menuju Kota/Batavia yang semula 3 lajur mix traffic akan menjadi 1 lajur di sisi Jalan Gajah Mada dan 2 lajur mix traffic menggunakan Jalan Hayam Wuruk (contraflow dengan pembatas separator). 

 - Jalan Hayam Wuruk menuju Harmoni tetap tiga lajur mix traffic.

Ilustrasi pengalihan arus lalu lintas.

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

 2. Pengalihan lalu lintas Mangga Besar - Sawah Besar pada 26 Agustus sampai 30 Desember 2023: 

 - Terjadi peralihan lajur melewati canal decking yang semula contraflow di Jalan Hayam Wuruk beralih ke Jalan Gajah Mada.

 - Jalan Gajah Mada Menuju Kota menjadi 3 lajur mix traffic dan 2 lajur menuju Harmoni (contraflow dengan pembatas separator) dan 1 lajur di Jalan Hayam Wuruk. 

 3. Pengalihan Harmoni-Mangga Besar (26 Agustus-30 September 2023)

- Lalu lintas Jalan Hayam Wuruk menuju Harmoni terjadi peralihan awal contraflow 2 lajur di Jalan Gajah Mada dan 1 lajur di Jalan Hayam Wuruk.

- Jalan Gajah Mada menuju Kota tetap 3 lajur mix traffic.

 4. Pengalihan lalu lintas Harmoni - Mangga Besar pada 1 Oktober sampai 30 Desember 2023:

 - Lalu lintas menuju Kota/Batavia yang semula melalui Jalan Gajah Mada dialihkan menjadi 2 lajur mix traffic menggunakan Jalan Hayam Wuruk (contraflow dengan pembatas separator) kecuali menuju Duta Merlin. Menara BTN, dan Bank UOB.

- Lalu lintas menuju Jalan KH Hasyim Ashari dialihkan ke Jalan Hayam Wuruk dan contraflow di Jalan Gajah Mada di depan Lion Tower.

- Jalan Hayam Wuruh menuju Harmoni tetap 3 lajur mix traffic.

 5. Pengalihan Arus Sawah Besar (1 Oktober-30 Desember 2023)

- Terjadi peralihan lajur melewati canal decking yang semula contraflow di Jalan Hayam Wuruk beralih ke Jalan Gajah Mada.

- Jalan gajah Mada menuju Kota menjadi 3 lajur mix traffic dan 2 lajur menuju Harmoni (contraflow dengan pembatas separator) dan 1 lajur di Jalan Hayam Wuruk.

 6. Pengalihan di Jalan Mangga Besar 26 Agustus-30 Desember: 

- Lalu lintas Jalan Hayam Wuruk menuju Harmoni terjadi peralihan awal contraflow 2 lajur di Jalan Gajah Mada dan 1 lajur di Jalan Hayam Wuruk.

- Jalan Gajah Mada menuju Kota tetap 3 lajur mix traffic.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya