Heru Budi Minta Anak Buah Gunakan Tunjangan Transportasi Cicil Beli Motor Listrik

Pj Gubernur DKI Heru Budi menyerahkan motor listrik kepada petugas Dishub.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rahmat Fatahillah Ilham

Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) DKI untuk menabung tunjangan transportasi. Adapun imbauan tersebut diharapkan ASN dapat menyicil untuk membeli kendaraan listrik demi mengatasi polusi udara di Ibu Kota.

Kabar Gembira untuk Konsumen BBM Pertalite yang Dijual Rp10 Ribu per Liter

"Kan sudah ada uang transport, dibeliin cicil dong motor listrik," kata Heru Budi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis, 24 Agustus 2023. 

Kendati demikian, Heru menegaskan bahwa tidak ada paksaan agar ASN membeli kendaraan listrik. Hal ini hanya bersifat imbauan.

Urai Kepadatan Lalu Lintas di Tol Jagorawi, Jasa Marga Berlakukan Contraflow Arah Jakarta

Pemprov DKI serahkan ratusan motor listrik untuk petugas DIshub.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Rahmat Fatahillah Ilham

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengungkapkan, besaran tunjangan transportasi yang didapatkan ASN bervariasi. Tunjangan diberikan bedasarkan area kerja. 

Hyundai Gowa Sediakan Fasilitas Recall Ioniq 5 dan Ioniq 6

"Jadi untuk level provinsi , kemudian ada yang kota dan kecamatan kelurahan. Untuk Provinsi sekitar Rp 6,5 juta per bulan," kata dia.

Oleh sebab itu, ASN DKI seharusnya bisa memanfaatkan uang tunjangan tersebut untuk membeli kendaraan listrik yang memang sesuai kemampuannya.

"Sebenernya kan gini, teman-teman kan punya kemampuan. Jadi uang itu bisa digunakan sebagai cicilan untuk membeli kendaraan yang berbahan bakar baterai," tuturnya.

Sebagai informasi, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Joko Agus Setyono menghimbau seluruh aparatur sipil negara (ASN) menggunakan kendaraan listrik, tak hanya eselon IV. Hal tersebut dilakukan  untuk memperbaiki kualitas udara di Ibu Kota.

"Bukan eselon 4 juga, para pegawai DKI Jakarta dihimbau untuk menggunakan mobil listrik," kata Joko di Balaikota Jakarta, Selasa, 22 Agustus 2023.

Ia menegaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak akan memberikan anggaran untuk pegawai ASN membeli kendaraan listrik, hanya dalam bentuk imbauan saja.

"Tidak ada anggarannya, eselon 4 tidak ada penganggaran kendaraan transportasi itu," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya