900 Ribu Kendaraan Botabek Masuk Jakarta per Hari, Heru Budi Ajak Kota Penyangga Atasi Polusi

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Jakarta – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan sebanyak 900 ribu kendaraan dari Bogor, Tangerang  dan Bekasi (Botabek) masuk ke Jakarta setiap hari.

Kantongi Sertifikat Halal BPJPH, Coway Genjot Inovasi Produk

Hal tersebut disampaikan dalam pembukaan acara ‘Diskusi Publik Quick Response Penanganan Kualitas Udara Jakarta’ di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat.

"Informasi dari Dinas Perhubungan, dari Pak Kadis bahwa yang masuk Jakarta itu kendaraan kurang lebih 997 ribu Botabek ke Jakarta, 900 ribu per hari," ujar Heru Budi, Senin, 28 Agustus 2023.

808 Ribu Kendaraan Diprediksi Tinggalkan Jabotabek pada Long Weekend Kenaikan Yesus Kristus

Heru menyebutkan, kondisi itu menjadi salah satu perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI. Oleh sebab itu, Heru mengatakan setiap kendaraan yang berlalu lintas di Jakarta harus lulus uji emisi. 

Polusi Udara di Jakarta.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Pria Ini Curi Puluhan Mobil Jeep, Kerugian Capai Rp16 Miliar

"Nah itu juga menjadi perhatian kita maka pemilik kendaraan individu maupun atau ATPM bersama-sama bahwa kendaraan yang berlalu lintas di Jakarta itu juga kita tegakan uji emisi dan mereka keluar dari bengkel masing-masing bengkel pada saat uji rutin itu juga harus lulus uji emisi," katanya..  

Mantan Wali Kota Jakarta Utara itu menegaskan bahwa penurunan kualitas udara tidak bisa dilakukan oleh Jakarta sendiri, melainkan harus dilakukan bersama dengan kota penyangga lainnya.

"Namanya polusi tidak bisa Jakarta sendiri tapi harus Jabotabek, sekali lagi tidak bisa Jakarta sendiri untuk mengatasi itu, maka oleh itu teman-teman dari Bogor, Depok, Bekasi nanti turut serta mendengarkan atau memberikan saran dan apa yang jadi hasil diskusi. Nanti tolong Pak bupati, Pak Walikota untuk kita sama-sama untuk menurunkan polusi karena tidak bisa Jakarta sendiri karena cukup luas area yang terdampak," ujarnya.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono siap menemui sejumlah kepala daerah di wilayah penyangga Jakarta, yakni Bekasi, Depok dan Tangerang serta Bogor untuk membahas skema ganjil-genap selama 24 jam.

"Kami bahas minggu depan," kata Heru usai menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-20 Rumah Susun (Rusun) Tzu Chi Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu, 26 Agustus 2023.

Usulan ganjil-genap selama 24 jam itu masih perlu dikaji dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya terkait pertimbangan jumlah mobil yang dimiliki setiap warga.

"Kami pikirkan dampaknya. Kan tidak semua punya dua atau tiga kendaraan yang nomor ganjil dan genap. Itu nanti kami pikirkan," ujar Heru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya