Ganjil Genap Jakarta Akan Diperluas ke Tangerang Raya

Kawasan ganjil genap
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Tangerang – Kebijakan ganjil genap (gage) akan diperluas hingga ke wilayah Tangerang Raya, Banten. Keputusan itu diambil usai dilaksanakannya rapat terbatas (Ratas) yang dipimpin Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, yang membahas peningkatan kualitas udara kawasan Jabodetabek.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

"Kita diundang dalam kapasitas sebagai bagian dari daerah aglomerasi Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Mengikuti rapat terbatas kabinet, terkait dengan upaya penanganan polusi udara," ujar Al Muktabar, Pj Gubernur Banten, dalam keterangan resminya, Selasa, 29 Agustus 2023.

Ratas yang digelar Senin, 28 Agustus 2023 itu membahas, Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang, akan turut andil menerapkan ganjil-genap terutama di jalanan menuju DKI Jakarta.

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Ungkap 2 Hal yang Dilakukan Guna Mencegah Korupsi

Kebijakan ganjil genap di wilayah Tangerang Raya, akan mengikuti gage yang berlaku di Ibu Kota Jakarta. Penerapan batasan plat nomor kendaraan bermotor diharapkan bisa menekan polusi udara yang kian memburuk dalam beberapa Minggu terakhir.

Uji Coba Perluasan Ruas Ganjil Genap

Photo :
  • ANTARA Foto/Aprillio Akbar
Depok Masuk Aglomerasi DKJ, Wakil Wali Kota: Semoga Lebih Banyak Positifnya

 "Kaitan dengan aglomerasi, dilakukan penguatan dan perluasan ganjil-genap, utamanya jalan yang terakses ke DKI Jakarta mengikuti arah kebijakan DKI Jakarta. Kebijakan ganjil-genap salah satu hal yang memungkinkan untuk mengurangi emisi gas buang kendaraan bermotor yang jumlahnya luar biasa," terangnya.

Al Muktabar juga meminta industri yang ada di Banten, khususnya Tangerang Raya, memasang scrubber atau alat pengontrol gas buang dari cerobong asapnya, sehingga mengurangi polusi yang ada.

Nantinya, industri yang ada akan di periksa oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, guna memastikan polusi bisa di tekan dengan baik.

"Data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, di kawasan Tangerang kurang lebih ada tujuh industri untuk dilakukan pengecekan dan pendekatan penggunaan scrubber," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya