Dijatuhi Hukuman 12 Tahun Penjara, Ini 5 Fakta Sidang Putusan Mario Dandy

Mario Dandy Divonis 12 Tahun Penjara
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Terdakwa kasus penganiayaan terhadap David Ozora yaitu Mario Dandy telah dijatuhkan hukuman selama 12 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Kejari Jaksel Blak-blakan soal Nasib Rubicon Mario Dandy Pasca Gak Laku Dilelang

Selain itu juga, terdakwa lainnya yaitu Shane Lukas dijatuhkan hukuman selama 5 tahun penjara, lantaran membantu Mario Dandy dalam melakukan penganiayaan berat terhadap David Ozora.

Berikut beberapa fakta menarik sidang Mario Dandy dilansir berita VIVA sebelumnya:

Viral Remaja Aniaya Bocah di Bandung, Ngaku Keponakan Jenderal TNI

1. Dijatuhkan Hukuman 12 Tahun Penjara

Mario Dandy Divonis 12 Tahun Penjara

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Gak Dibeliin Motor, Anak Aniaya Ibu Kandung hingga Babak Belur

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan telah menjatuhkan vonis selama 12 tahun penjara dalam kasus penganiayaan berat terhadap anak petinggi GP Ansor Jonathan Latumahina yakni David Ozora. Selain itu juga, sebagai hukuman tambahan, Mario Dandy harus ganti rugi sebesar Rp25 miliar.

"Menjatuhkan terdakwa dengan pidana 12 Tahun," ujar Ketua majelis hakim, Alimin Ribut Sujono saat pembacaan putusan di PN Jakarta Selatan, Kamis 7 September 2023.

2. Shane Lukas 5 Tahun Penjara

Sidang Mario Dandy dan Shane Lukas, Saksi Ahli Pidana

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sementara teman Mario Dandy yakni Shane Lukas yang turun membantu dalam penganiayaan terhadap David Ozora mendapatkan vonis selama 5 tahun penjara. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua Majelis Hakim Pengadilan Jakarta Selatan, Alimin Ribut Sujono.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa selama dengan pidana penjara selama 5 tahun," ujar Hakim Ketua Alimin Ribut Sujono saat pembacaan putusan di PN Jakarta Selatan, Kamis 7 September 2023.

3. Jonathan Latumahina Minta Divonis Maksimal

Jonathan Latumahina Hadiri Sidang Tuntutan Mario Dandy dan Shane Lukas

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ayah dari David Ozora yakni Jonathan Latumahina yang sejak awal selalu turun hadir dalam persidangan Mario Dandy dan Shane Lukas. Salah satu petinggi GP Ansor tersebut meminta hakim memvonis keduanya dengan hukuman maksimal.

"Divonis maksimal sesuai tuntutan, Kalau tidak memenuhi restitusi, tentu saja ada hukuman tambahan sebenarnya. Kita mau kawal saja," ungkap Jonathan Latumahina.

4. Keluarga Shane Lukas Ajukan Keberatan

Sidang Mario Dandy dan Shane Lukas, Saksi Ahli Pidana

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Setelah Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Alimin Ribut Sujono menjatuhkan hukuman terhadap Shane Lukas selama lima tahun karena keterlibatannya bersama Mario Dandy dalam kasus penganiayaan terhadap David Ozora. Atas putusan tersebut pihak keluarga merasa keberatan dengan vonis tersebut.

"Sangat tidak adil untuk Shane Lukas, jika dia tidak membela, tidak menyetop Mario Dandy mungkin David sudah meninggal," kata Tante Shane, Ratna Sihombing pada wartawan, Kamis, 7 September 2023.

5. Jonathan Latumahina Cukup Puas Atas Vonis Mario Dandy

Jonathan Latumahina Hadiri Sidang Tuntutan Mario Dandy dan Shane Lukas

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jonathan Latumahina mengaku sangat bersyukur atas vonis yang dijatuhkan kepada Mario Dandy dalam kasus penganiayaan terhadap anaknya. Ia juga mengaku berharap vonis yang maksimal.

"Jika ditanya adil atau tidak, saya bilang tidak adil kecuali dia (Mario) juga koma. Kalau mendengar vonis tadi saya kira cukup mewakili pencarian kami atas keadilan, karena dibuka peluang untuk kita tetap bisa melakukan upaya hukum jika dirasa kurang adil," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya